Mengenal Gangguan Bipolar Yang Di Kisahkan Dalam Film Kukira Kau Rumah

by -
Poster Kukira Kau Rumah - Dok. MD Pictures
Poster Kukira Kau Rumah - Dok. MD Pictures

persassiddik.com – Film Kukira Kau Rumah yang sudah tanyang sejak dua pekan lalu, sukses menarik perhatian 1,8 juta penonton. Film yang disutradarai oleh Umay Shabab dan diperankan oleh Prilly Latuconsina ini mengangkat isu kesehatan mental, tentang seorang wanita muda dengan gangguan bipolarnya.

Prilly yang memerankan (Niskala), seorang wanita muda yang mengidap gangguan bipolar. Niskala sering mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem, hingga membuat ayahnya berlaku over protektif. Kemudian Niskala bertemu dengan Jourdy Pranata yang memerankan (Pram), seorang pemuda yang kesepian karena kehilangan kasih sayang kedua orang tuanya. Niskala adalah seorang yang ingin hidup bebas seperti kupu-kupu dan Pram adalah pemuda yang ingin memiliki seseorang untuk mengisi hari-harinya agar tak kesepian.

Baca juga:  Optimalkan Hari Batik, HIMA KPI Adakan Pertemuan Bersama Mendagri DEMA IAIN SAS BABEL

Keduanya menjalin kisah romansa yang membuat perubahan pada kehidupan Niskala. Perubahan pada kehidupan Nislaka justru menyulut konflik permasalahan dengan Ayahnya dan Pram. Konflik tersebut berujung pada Nislaka yang mengalmi depresi yang ekstrem. Pram yang mengetahui Niskala mengidap gangguan bipolar pun, justru lebih jatuh hati lagi dan ingin membuat Niskala terbang bebas layaknya kupu-kupu. Untuk kelanjutan kisahnya bisa langsung kunjungi Bioskop terdekat ya…

Instagram/prillylatuconsina96
Instagram/prillylatuconsina96

Sejak film ini ditanyangkan, banyak potongan-potongan film yang bertebaran di sosial media. Film ini banyak di gandrungi netizen Indonesia yang relateble atau merasakan hal yang sama dengan permasalahan kehidupan mereka. Ntah itu dari lirik-lirik lagu indie yang diciptakan oleh Pram, dari permasalahan over protektifnya orang tua Niskala, atau bahkan dari permasalahan gangguan bipolar yang belakang sering muncul di pemberitaan sosial media Indonesia.

Baca juga:  Mahasiswa Gelisah Dengan Kebijakan Kuliah Online Selama Pandemi Covid-19

Nah, Apa Sih Gangguan Bipolar itu?

gangguan bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan adanya perubahan suasana hati yang drastis. Penderita yang mengalami gangguan ini akan merasa sangat bahagia, kemudian bisa berubah drastis menjadi sangat sedih.

Dilansir dari situs resmi alodokter.com, gejala utama pada gangguan bipolar adalah adanya perubahan suasana hati (mood) yang eskrem. Perubahan ini bisa saja terjadi dalam hitungan jam, hari, atau bulan. Gejala umumnya seperti:

  • Perasaan bahagia atau sangat antusias terhadap suatu hal
  • Adanya semangat yang menggebu-gebu
  • Berkurangnya minat pada suatu hal
  • Insomnia atau sulit tidur
  • Perasaan bersalah secara berlebihan

Penyebab dari gangguan bipolar sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diduga terjadi oleh faktor genetik hingga faktor lingkungan sekitar dan gaya hidup juga bisa menyebabkan seseorang terkena gangguan bipolar.

Baca juga:  MENGADILI PERSEPSI (BERMAIN TUHAN)

Untuk mecegah kambuhnya perubahan suasana hati yang ekstrem. Berikut, beberapa metode perawatan yang  juga dilansir dari laman alodokter.com, yaitu dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter dan menjalani psikoterapi.