Antara Organisasi Dan Kuliah, Manakah Yang Lebih Penting?

by -

Berbicara antara organisasi dan kuliah mana, yang lebih penting? Mari kita ketahui terlebih dahulu apa organisasi itu dalam tingkatan mahasiswa. Dan ini juga menjadi hal yang membuat sebagian mahasiswa bimbang akan hal itu.

Organisasi menurut James D.Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan perkuliahan menurut saya pribadi bertujuan untuk dapat mempelajari lebih dalam dan mencapai tujuan individu.

Apakah organisasi hanya mementingkan orang lain saja? Tanpa ada reward pada diri sendiri? Jawabannya adalah ada pada diri anda masing-masing. Banyak sekali organisasi yang ada di kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mulai dari Senat Mahasiswa Institut (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Unit kegiatan Khusus (UKK), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), hingga Himpunan Mahasiswa (HIMA).

Baca juga:  Terorisme VS Sinisme

Nah dari sekian banyak organisasi yang ada di kampus apakah semuanya wajib kita ikuti? Jawabannya tidak. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat dari teman-teman semuanya. Setiap organisasi punya tujuan dan program kerjanya masing-masing.

Ketika kita ingin bergabung ke dalam sebuah organisasi, tentu kita akan melewati berbagai proses yang tidak mudah. Salah satunya tahap wawancara, para pewawancara akan bertanya kepada calon anggota yang akan masuk kedalam organisasi tersebut dengan beberapa pertanyaan. Diantara pertanyaan yang umum ditanyakan ialah “Jika anda ada kegiatan lain sedangkan saat ini ada kegiatan organisasi, mana yang anda dahulukan?” jika dari pertanyaan tersebut bisa kita jawab dan kita lakukan, mana yang lebih penting dan mana yang lebih diutamakan.

Baca juga:  Pergejolakan Antara Hasrat Dalam Diri VS Luar Diri Di Kalangan Milenial

Apalagi disaat kegiatan organisasi bertabrakan dengan jadwal kuliah, dan yang lebih susahnya ketika dosen anti dengan surat dispensasi dari organisasi tersebut maka jika kita membawa ribet akan hal tersebut kita akan pusing sendiri. Jawaban nya ialah kita dahulukan yang mana penting yang mana bisa ditinggalkan.

Karena bonus orang yang berorganisasi ialah intelektual,public speaking, dan lain nya akan didapatkan jika ia berproses dengan serius dan ikhlas dalam organisasi tersebut. Terkadang banyak diantara anggota hanya bisa menuntut hak tanpa ingat akan kewajiban nya.

Menurut Okta Saputra Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah (2023-2024) beliau mengatakan “Kuliah nomor 1 dan jangan menomor dua kan organisasi”. Artinya organisasi juga sangat penting bagi kita yang berorganisasi. Karena jika seseorang berorganisasi ia akan mendapatkan banyak ilmu yang ia tidak dapat dalam dunia kelas.

Baca juga:  Catatan Kritis Satu Tahun Masa Kepemimpinan, Sudahkah Mahasiswa Berdaulat

Jadi kesimpulan nya ialah kuliah hal yang wajib dan organisasi bukan hal yang dinomor duakan. Karena kuliah mempunyai tujuan individu dan organisasi mempunyai tujuan bersama. Karena tak mungkin terbentuk organisasi jika tanpa ada nya tujuan.

Hidup Mahasiswa!!!

Hidup Rakyat Indonesia!!!

Hidup Perempuan Yang Melawan!!!

 

Penulis: Husain