Mahasiswa Biologi UBB Melakukan Kunjungan Praktikum ke LPPOM MUI Babel.

by -

Pangkalpinang-Senin (14/2) 8 Mahasiswa Prodi Biologi Universitas Bangka Belitung dan didampingi dengan 1 dosen pendamping, lakukan kunjungan praktikum untuk “Penelitian Pengenalan Sistem Penjaminan Produk Makanan yang Halal dan Proses Sertifikasi Halal” ke LPPOM MUI dalam rangka Penelitian Pangan-Pangan Halal yang ada di Bangka Belitung.

Kegiatan ini disambut baik oleh Muhammad Ihsan, M.Si dan Yuliza Eka Fitri, S.T selaku pihak LPPOM MUI Babel. Dan kegiatan ini berlangsung di lantai 2 kantor LPPOM MUI Babel.

Kehalalan suatu produk atau suatu pangan menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan akhir-akhir ini. Apalagi di era yang sekarang pandemic covid-19 masih belum terselesaikan. Sertifikasi halal suatu produk atau pangan muncul di tengah masyarakat untuk membuat ketenangan bagi konsumen dan produsen di era pandemic covid-19 ini.

Baca juga:  Antusiasme Mahasiswa Baru Di Hari Pertama Masuk Kuliah 

Muhammad Ihsan selaku wakil direktur LPPOM MUI Babel menuturkan bahwasanya sistem jaminan halal yang ada di Indonesia menjadi nomor 1 di dunia dan ditiru oleh beberapa negara mayoritas islam lainnya. ” ada dua kehebatan dari ketetapan halal yang ada di Indonesia, yang pertama melibatkan tenaga ahli (Auditor) dan yang kedua melibatkan Ulama, hal ini menjadikan sistem jaminan halal yang ada di Indonesia menjadi nomor 1 di dunia dan ditiru oleh negara-negara islam yang ada di dunia seperti Uni Emirat Arab (UEA) dan yang lainnya.” Tutur Ihsan.

Ditambahkan juga oleh Yuliza Eka Putri selaku Manager Bidang Operation Support mengatakan mengapa pentingnya halal di masa pandemic Covid-19 dikarenakan awal mula Covid-19 ini dari makanan yang tidak halal, dan juga kebutuhan pasar halal sekarang menaik pesat di dunia, dan juga trend halal yang sekarang mendunia. “Mengapa halal itu sangat penting di pandemic covid-19 yang masih berlangsung, dikarenakan kebutuhan pasar halal yang menaik, permintaan pasar untuk produk-produk halal sangat besar dan sekarang Trend Wisata Halal yang sudah mendunia.” ucapnya

Baca juga:  Guna Membina dan Menjalin Persaudaraan, Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah IAIN SAS Babel Gelar MATAHARI

Heni Helmi selaku dosen pendamping mahasiswa menerangkan bahwa dengan adanya pertemuan ini sangat bermanfaat sekali karena mendapatkan ilmu yang baru tentang kehalalan, dan juga berharap kepada mahasiswa agar menjadi generasi penerus yang mengutamakan kehalalan dan halal menjadi lifestyle. “kami sangat beruntung dengan adanya pertemuan ini dikarenakan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat, dan juga saya berharap kepada mahasiswa lebih paham lagi mengenai kehalalan karena memang kewajiban seorang muslim kemudian bisa menjadi duta halal di Bangka Belitung, dan halal sebagai lifestyle serta menjadi generasi penerus yang mengutamakan kehalalan.” Tuturnya.

Dan dari pertemuan ini dosen pendamping dan mahasiswa Biologi UBB berharap bisa melakukan kegiatan seperti ini lagi kedepannya, karena masih banyak ilmu-ilmu yang bermanfaat yang harus diketahui lebih banyak lagi.

Baca juga:  Bagi-Bagi Takjil, KOPASSAS Gerakkan Kepedulian Antar Sesama Muslim

Penulis : Dzarfan /Mahasiswa KPI

Tentang Penulis: Redaksi Persassiddik.com

Gravatar Image
Persassiddik.com adalah situs resmi Unit Kegiatan Kampus (UKM) pers di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.