Mahasiswa KKN IAIN SAS BABEL Ukir Senyum Bahagia Warga Desa Berang Melalui Peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah

by -

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 5 Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sukses adakan peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah di Masjid Ar Rahim, Desa Berang pada Minggu (7/7/2024).

Kegiatan ini mengangkat tema yaitu TAQWA : Taqarrub, Amanah, Qana’ah, Wawasan, dan Aman.

Peringatan 1 Muharram ini pertama kali diadakan di Desa Berang yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN di Desa Berang dengan mengadakan berbagai macam lomba dan ditutup dengan Nganggung Bersama masyarakat setempat.

Pelaksanaan lomba dimulai dari tanggal 4-7 Juli 2024 di Masjid Ar Rahim, Desa Berang. Ada 4 cabang lomba yang diperlombakan yakni Lomba Adzan, Lomba Ceramah, Lomba Tahfidz Qur’an, dan Lomba Tartil Qur’an.

Baca juga:  Kopassas Babel Gelar Kegiatan Bakti Sosial dan Edukasi di Dusun Tanjung BerikatĀ 

Keseluruhan peserta lomba berjumlah 37 orang. Mereka berasal dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Peserta lomba sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Terlihat dari pembagian hadiah, senyum lebar terukir di wajah anak-anak.

Pada malam puncak peringatan 1 Muharram ini diadakan tausiyah yang diisi oleh mahasiswa KKN Kelompok 5 IAIN SAS Bangka Belitung dan ditutup dengan Nganggung Bersama masyarakat.

Ketua Pelaksana, Mutia Zahrotil Jannah berharap agar dengan peringatan 1 Muharram ini menjadi momen yang penuh berkah dan menumbuhkan nilai Islami pada peserta.

“Harapan saya dalam kegiatan peringatan 1 Muharram ini agar menjadi momen yang penuh berkah dan bermanfaat bagi semua. Melalui Lomba Adzan, Ceramah, Tahfidz Qur’an, dan Tartil Qur’an agar dapat menumbuhkan nilai Islami pada peserta dan sebagai wadah dalam mengasah kemampuan. Dengan tradisi Nganggung Bersama yang dilaksanakan semoga semakin mempererat tali silaturahmi mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung Kelompok 5 dengan masyarakat Desa Berang,” ucapnya dengan penuh harap.

Baca juga:  Hima PS IAIN SAS Babel Gelar Pembukaan Pekan Raya Perbankan Syariah Tahun 2023

Ketua KKN, Shohibul Wafa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Berang yang sangat mensupport kegiatan ini dan antusias dari masyarakat yang tinggi.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Berang karena telah mensupport acara ini yang merupakan salah satu proker dari kami. Saya juga sangat senang melihat antuasias dari para peserta lomba,” tuturnya dengan wajah senang.

Kepala Desa Berang, Bapak Beni Bastari, S. P mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas salah satu proker mahasiswa KKN. Beliau berharap agar ilmu yang diperoleh di kampus dapat diimplementasikan dengan baik kepada masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih dan sekaligus bangga terhadap mahasiswa KKN karena telah mengadakan acara peringatan 1 Muharram. Saya berharap dengan berbagai jurusan yang ada, mahasiswa KKN dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat Desa Berang. Pemerintah Desa Berang mendukung penuh program kerja dari mahasiswa KKN”, ucapnya dengan senyum.

Baca juga:  Koperasi Mahasiswa (Kopma) KBM IAIN SAS Babel Gelar Buka Puasa Bersama, Mispi : Acara Seperti Ini Perlu Dipertahankan!

Penulis : Shofi Roudhotul ‘Alimah