Kenapa IAIN SAS Babel Belum Memiliki Presiden Mahasiswa Baru

by -

Hari ini seharusnya mahasiswa IAIN SAS Babel sudah mempunyai seorang presiden baru yang dipilih langsung dalam Pemira (Pemilu raya) 2022. Akan banyak ucapan sambutan yang datang menyambut presiden mahasiswa baru. Foto presiden mahasiswa baru akan bertebaran di media sosial. Namun, timbul pertanyaan kenapa hal tersebut tidak terjadi hari ini. Apa yang membuat kita belum juga memiliki presiden mahasiswa baru. Ini adalah opini yang sangat subjektif dari saya sebagai mahasiswa, yang merupakan masih dari keluarga mahasiswa IAIN SAS Babel

Saya adalah mahasiswa biasa. Yang menjalani perkuliahan biasa-biasa saja di IAIN SAS Babel.Sebagai mahasiswa biasa sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan terkait masalah pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Dema. Karena memang hal itu tidak berpengaruh banyak.

Baca juga:  Bank Syariah Indonesia Harapan Besar Perekonomian Indonesia

Pergantian Presiden Mahasiswa, baik kapan pelaksanaanya atau bagaimana proses pelaksanaannya, tidak akan membuat nilai-nilai yang sebelumnya D menjadi C. Atau yang sebelumnya C bisa disulap menjadi A. Tidak juga membuat kita mendapatkan kelulusan dengan cepat dengan adanya pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Dema. Namun, bukan berarti kita tidak peduli dengan kampus kita, kita sebagai mahasiswa tidak boleh apatis, kita harus suarakan aspirasi kita sebagai mahasiswa termasuk dalam perkara Pemilu Raya Mahasiswa tahun 2022 Karena dengan adanya Ketua dan Wakil Ketua Dema baru, insyaallah akan membawakan perubahan – perubahan baru yang lebih visoner.

Pertanyaan yang masih terngiang. Kenapa kita juga belum memiliki Ketua dan Wakil Ketua Dema hingga detik ini???

Masih ingatkah pada Selasa, 1 Februari 2022 yang lalu pengumuman time schedule pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Dema telah diumumkan. Hal ini sesuai dengan pers release yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) IAIN SAS Babel. Dan time schedule pemilihan telah ditetapkan dalam sidang penetapan peraturan dan agenda KPUM KBM IAIN SAS Babel pada tanggal 28-29 Januari 2022 di sekretariat KPUM.

Baca juga:  COVID-19 DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

KPUM IAIN SAS Babel telah menetapkan beberapa agenda pemilahan Ketua dan Wakil Ketua Dema. Berikut agenda pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Dema

Pendaftaran
02-07 Februari 2022

Pengumpulan Berkas
08 Februari 2022
(08.00-10.00 WIB)

Verifikasi Berkas
09-11 Februari 2022

Pengumuman Hasil Verifikasi Berkas
13 Februari 2022

Pengambilan Nomor Urut Paslon
14 Februari 2022

Kampanye
15-22 Februari 2022

Debat
22 Februari 2022

Masa Tenang
23 Februari 2022

Pemilihan dan Pengumuman
24 Februari 2022

Gugatan Pemilih
25 Februari 2022

Sesuai agenda yang tertera, pelaksanaannya tidak berjalan semestinya. Seharusnya Kamis, 24 Februari 2022 adalah pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Dema. Agenda yang telah ditetapkan hanya berlangsung pada proses verifikasi berkas dimana pada proses verifikasi berkas KPUM menetapkan 1 Paslon saja yaitu Okta Renaldi dan Ahmad Nando. Sedangkan paslon Arman Hidayat dan Sumijo dinyatakan didiskualifikasi.

Baca juga:  Persoalan Ekologis : Tingginya Eksploitasi Sumber Daya Tidak Terbarukan Bentuk Ketidakselarasan Visi Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Setelah proses verifikasi berkas tidak ada kejelasan atau sosialisasi lebih lanjut dari KPUM terkait pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Dema hingga hari ini. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan terhadap kinerja KPUM.

Penulis: Hilhamsyah/Redaksi

Tentang Penulis: Redaksi Persassiddik.com

Avatar
Persassiddik.com adalah situs resmi Unit Kegiatan Kampus (UKM) pers di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.