Keindahan Pantai Pasir Padi di Pulau Bangka

by -

Keindahan Pantai Pasir Padi tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai di Pulau Bangka lainnya. Selain memiliki panorama yang dihiasi laut biru, alam asri dan pulau-pulau menarik, tidak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah daratan kecil yang bernama Pulau Punai, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki di waktu air pasang surut.

Pantai Pasir Padi terletak di Kelurahan Temberan, ± 8 km dari pusat Kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi memiliki garis pantai dengan hamaparan pasir putih sepanjang 2 km. Struktur pantainya yang landai, kontur pasirnya yang padat, membuat pantai ini nyaman untuk dilalui oleh kendaraan roda dua, roda empat, truk bahkan tronton.

Nama unik dari Pantai Pasir Padi memiliki asal usul loh? Menurut informasi masyarakat sekitar, penamaan pantai Pasir Padi karena memang pasir di pantai tersebut layaknya buliran padi. Pasir di Pantai Pasir Padi tergolong cukup padat sehingga sering dijadikan sebagai arena balap motor trail. Selain pasirnya yang mirip buliran padi, juga masih banyak keunikan lainnya. Salah satunya adalah pantainya yang sangat luas dengan panjang mencapai 300 meter dan memiliki ombak yang cukup tenang. Di sekitar pantai juga terdapat banyak pohon tempat yang cocok untuk berteduh sembari menikmati semilir angin laut.

Baca juga:  DIMASA PANDEMI DAN VAKSINASI, UKK KSR PMI UNIT IAIN SAS BANGKA BELITUNG MELAKUKAN WEBINAR DONOR DARAH DENGAN TEMA "A LITTLE BLOOD, FOR A BIG HOPE"

Saat ini kawasan wisata Pantai Pasir Padi tersedia fasilitas pendukung seperti hotel, restoran, arena bermain anak, outbound, cafe, tempat ibadah, wc, dan fasilitas pendukung lainnya. Selain itu di sepanjang pantai terdapat rumah makan yang menyediakan makanan laut seperti ikan, kepiting, cumi, kerang-kerangan, dan lain-lain dengan harga yang relatif murah.

Masyarakat yang ingin berkunjung ke Pantai Pasir Padi tak perlu khawatir dengan biaya masuk. Setiap pengunjung hanya dihitung per kendaraan, yakni Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat. Tarif masuk yang disertai karcis resmi dari Pemkot Pangkalpinang itu sudah termasuk akses parkir di seluruh pantai.

Baca juga:  UKK KSR PMI Unit IAIN SAS BABEL adakan Diklatsar Lapangan Angkatan XII dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Penulis: Senona