Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati Nantinya dan Memiliki Prospek Kerja Bagus, Kira-Kira Jurusan Apa yah?

by -

Terkadang kita sangat bingung menentukan jurusan apa yang akan kita pilih ketika ingin menempuh studi di perguruan tinggi, karena pilihan tersebutlah yang akan menentukan bagaimana masa depan kita nantinya. Pekerjaan apa yang bisa kita lakukan setelah lulus dengan backgroud jurusan tersebut, akan menjadi kekhawatiran tersendiri.

Nah, salah satu solusi bagi kita yang suka jalan-jalan ataupun menikmati indahnya alam adalah dengan memilih jurusan pariwisata, yaitu jurusan yang memiliki banyak prospek kerja bagus sampai nantinya. Di Bangka Belitung sudah hadir jurusan Pariwisata Syariah di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Jurusan ini merupakan jurusan baru yang dibuka pada tahun 2022.

Alasan apa yang membuat mereka memilih jurusan Pariwisata Syariah?

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu mahasiswa Pariwisata Syariah di IAIN SAS Bangka Belitung adalah, “Karena passion saya disana, saya lulusan dari SMK perhotelan jadi ada kecocokan di jurusan Pariwisata Syariah. Saya juga melihat peluang besar dari Pariwisata Syariah ini, karena banyak teman-teman saya yang memilih jurusan Pendidikan Agama Islam dan kelasnya hingga lima kelas, dan jurusan Perbankan Syariah serta Akuntansi Syariah juga banyak mahasiswanya. Padahal sekarang ini kegiatan transaksi yang berhubungan dengan akuntan atau perbankan saja sudah bisa dilakukan oleh mesin dan bantuan Artificial Intelligence (AI). Kegiatan di Pariwisata ini tidak bisa digantikan dengan teknologi mesin dan AI, selalu ada manusia yang terlibat di dalamnya. Karena Indonesia juga sektor pariwisatanya sangat dikenal baik oleh negara-negara lain. Pariwisata juga gak melulu tentang hotel atau sebatas dinas pariwisata, banyak sekali pekerjaan yang sangat menarik di jurusan pariwisata ini.” Ucap salah satu mahasiswa jurusan Pariwisata Syariah tersebut.

Baca juga:  Pers Mahasiswa: Bukan Sekedar Jurnalis Kampus

Apakah jurusan pariwisata syariah dan pariwisata biasa itu sama?

Pariwisata merupakan kegiatan wisata dengan adanya fasilitas yang mendukung terjadinya kegiatan wisata tersebut. Pariwisata syariah merupakan kegiatan wisata dengan adanya fasilitas yang mendukung dengan memperhatikan prinsip sesuai syariah Islam. Perbedaan dari pariwisata biasa dan pariwisata syariah adalah pada syariat Islamnya.

Pariwisata syariah lebih memperhatikan kenyamanan dan keamanan umat-umat muslim. Bagaimana dengan yang non muslim? Apakah bisa datang ke tempat wisata yang berbasis syariah? Wisatawan non muslim tentunya bisa datang ke tempat wisata syariah dengan tetap mengikuti aturan-aturan yang ada. Fleksibelnya tempat wisata syariah ini bisa untuk wisatawan muslim ataupun non muslim.

Baca juga:  Gelar Kajian, HIMA PI Ajak Mahasiswa Untuk Lebih Peduli Isu Kejahatan Seksual

Lulusan dari jurusan Pariwisata Syariah bisa masuk ke sektor pariwisata biasa, tapi untuk jurusan pariwisata biasa mungkin harus belajar dulu tentang syariah Islam jika ingin masuk ke sektor pariwisata syariah.

Pekerjaan apa saja yang terlibat dengan jurusan Pariwisata Syariah?

1. Akomodasi

Jenis pekerjaan : Doorman, bellboy, receptionist, reservationist, cashier, engineer, pay accountable, carpenter, cost controller, dan sebagainya.

2. Objek wisata

Jenis pekerjaan : Tourism planner, professional organizer, tourism organization, tourism operator, dan tour guide.

3. Meeting Intencive Convention Exhibition (MICE)

Jenis pekerjaan : Biro konvensi, meeting planner, PCO (professional congress organizer), oxhibition organizer, destination manager, dan sterring committee.

4. Cruise compaines

Jenis pekerjaan : Agen tiket, Tenaga administrasi, Peneliti pasar, Akuntan, Direktur rekreasi

Baca juga:  Berpikir Terbalik, Variabel X : Cara Lulus Kuliah Tidak Tepat Waktu

5. Rental car compaines

Jenis pekerjaan : Agen penyewaan, Agen penjualan, Manager wilayah (regional), Mekanik, Pengemudi, Tenaga administrasi, Pelatihan

6. Hotel, motel, resort

Jenis pekerjaan : Bartender, Bellboy, Lobby porter, Washer, Waiter/ waitress, Enginer, Direktur riset, Direktur SDM, Direktur penjualan, Akuntan, General manager, Resident manager, Controller, Management trainee, Clerk, Room clerk, Reservation clerk

7. Travel agent

Jenis pekerjaan : Ahli komputer, Akuntan, Konsultan, Penasihat travel, Peneliti pasar, Pemasaran, Tenaga administrasi

8. Tourism education

Jenis pekerjaan : Guru, Dosen, Tenaga Litbang, Peneliti, Pemasaran, Tenaga administrasi

9. Travel jurnalist

Jenis pekerjaan : Reporter, Editor, Penulis paruh waktu, Humas

10. Religious tour

Jenis pekerjaan : Petugas ibadah haji dan umrah.

Dan masih banyak lagi prospek kerja yang menjanjikan pada jurusan Pariwisata Syariah ini. Buat teman-teman yang tertarik, jangan ragu-ragu lagi untuk memilih jurusan Pariwisata Syariah di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

 

Penulis: Dwi Marsella Eviyanti