Berkunjung ke Wisata Embung Yamin Trans Rias, Rasakan Keasrian dan Kesejukan Pedesaan Sesungguhnya

by -

Wisata Embung Yamin Desa Rias, menjadi salah satu objek wisata yang ada di Toboali, Kab. Bangka Selatan, dan sangat cocok menjadi referensi bersama keluarga di waktu santai, pastinya ini akan menjadi pengalaman dan momen yang sangat berkesan.

Tak kalah menarik dengan wisata lain, wisata Embung Yamin menyuguhkan pemandangan yang asri, sejuk, dan pasti memiliki sensasi yang cukup menarik untuk para wisatawan yang bertempat tinggal di perkotaan dan jarang merasakan sejuknya udara di daerah persawahan. Wisata alam ini memiliki background persawahan, danau bahkan wahana bermain.

Persawahan desa Rias ini sudah ditetapkan sebagai lumbung pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, Kolong Yamin merupakan salah satu sumber air di persawahan Desa Rias yang mulai dilakukan pendalaman, melalui kegiatan pembangunan embung konservasi. Dan sekarang telah diselesaikan dan menjadi salah satu objek wisata Bangka Selatan.

Baca juga:  PNS Barengan Wisuda 2020

Embung Yamin ini oleh masyarakat setempat dulunya disebut Kolong Tebet, tapi setelah adanya pengerokan, kolong ini memiliki penampilan yang sangat indah dan menawan sehingga menjadi objek wisata.

Salah satu wisatawan menyatakan sangat suka berkunjung ke Embung Yamin, sebab selain pemandangannya yang indah banyak juga sport foto yang menarik, apalagi jarak tempuh dari kota Toboali ke Embung Yamin tidaklah terlalu jauh, sekitaran 15 menit jarak tempuh menggunakan motor.

“Disini asyik, udaranya sejuk dingin juga apalagi disore hari, banyak sport fotonya, pokoknya enak klo nyantai disini,” ujar salah satu pengunjung.

Saat memasuki daerah wisata ini, para wisatawan tidak di pungut biaya sama sekali jika berkunjung ke Embung Yamin. Selain itu para pengunjung juga bisa menikmati jajanan dari pedagang keliling, yang juga ikut meramaikan objek wisata Embung Yamin.

Baca juga:  Tiga Hari Pelaksaan Latihan Gabungan, UKK KSR PMI IAIN SAS BABEL Cetak Relawan Tangguh

“Saya senang jualan disini karena pengunjungnya sangat ramai setiap sore, hampir setiap hari dagangan saya habis di beli oleh pengunjung,” ujar salah satu pedagang.

Nah, hal ini seharusnya menjadi peluang besar untuk para pelaku UMKM. Tapi sayangnya masih sedikit masyarakat setempat menyadari peluang tersebut. Seperti pada kawasan wisata Embung Yamin ini, belum ada hal yang menjadi ciri khas dari desa Rias yang bisa memberikan kesan lebih pada pengunjung.

Misalnya, di desa Rias ini identik dengan persawahannya, seharusnya mereka juga menyuguhkan beberapa jenis padi khas desa Rias. Jadi selain bisa menikmati pemandangan Embung Yamin pengunjung juga dapat melihat beberapa jenis padi dan mengetahui seperti apa kualitas nya. Hal itu juga dapat menarik minat pengunjung untuk membeli beras asli dari desa Rias sendiri.

Baca juga:  KKN FSEI Pintu Air Adakan Travelling Bersama Anak Yatim Piatu.

Nah gimana tertarik gak nih buat berkunjung ke desa Rias. Atau, ingin jadi salah satu pelaku UMKM disana?

Jika anda berkunjung ke Bangka Selatan, tidak hanya wisata Embung Yamin yang bisa anda kunjungi. Khususnya kota Toboali juga mempunyai banyak destinasi wisata lainnya loh, ada Benteng Toboali, Laut Nek Aji, Pantai Kelisut, Batu Belimbing, Pantai Batu Perahu, dan masih banyak lagi.

Untuk penginapan tidak perlu bingung lagi, sekarang sudah ada beberapa hotel yang fasilitasnya tidak kalah mewah dari hotel hotel bintang lima, salah satunya hotel Sun Rise, Yapentob Toboali.

Penulis: Dwi Marselly Eviyanti