Pentingnya Kepedulian Pemerintah Daerah Terhadap Pembangunan Pariwisata di Bangka Belitung

by -

Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung, serta pulau pulau kecil lainnya. Bangka Belitung terletak dibagian timur pulau Sumatera,dekat dengan provinsi Sumatera Selatan. Di zaman kerajaan, wilayah ini masuk dalam kekuasaan Sriwijaya, Majapahit juga Mataram. Suku Melayu merupakan salah satu suku dengan penduduk terbanyak di provinsi ini.

Bangka Belitung memiliki kecantikan alam dari dulu hingga sekarang yang dapat dirasakan oleh penduduk lokal, maupun nasional. Termasuk dunia juga turut merasakan pesona indahnya keindahan alam di Bangka Belitung yang kini dijadikan sektor pariwisata, ini jelas kebanggaan sekaligus prestasi untuk Bangka Belitung.

Baca juga:  Terorisme VS Sinisme

Sektor pariwisata memang memiliki nilai penting dalam membangun suatu daerah karena dari pariwisata inilah diharapkan dalam memperoleh pendapatan, baik investasi dalam dan luar negeri maupun pengelolaannya. Pariwisata juga merupakan sumber penting bagi perekonomian bangsa karena setidaknya mempunyai dua fungsi yaitu yang pertama dari segi ekonomis dan kedua dari segi kebudayaan. Maka dari itu upaya pemerintah dalam mengembangkan pariwisata sangat disorot oleh banyaknya masyarakat. Guna menunjang sektor pariwisata, sejumlah perbaikan dan pembangunan infrastruktur mutlak diperlukan.

Ada banyak usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah, selain dengan membangun infrastruktur yang merata seperti, akses ke tempat wisata, penginapan maupun transportasi. Pemerintah daerah juga harus memiliki program untuk membungkus potensi yang dimiliki oleh daerah seperti mengadakan paket wisata, promosi melalui media cetak maupun digital. Setiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah setempat mengenai kepariwisataan juga harus menjamin bahwa pariwisata tidak akan menimbulkan kerugiaan kepada penduduk setempat. Diharapkan dengan adanya usaha dan kepedulian pemerintah daerah dalam meratakan pembangunan objek wisata, sektor pariwisata akan semakin berkembang dan kontribusinya terhadap ekonomi daerah.

Baca juga:  Kuliah Kerja Nyata or Kita Ketiban Nahas

Selain itu, pemerintah daerah perlu menjaga objek wisata tersebut agar tidak dirusak oleh tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pemerintahan juga perlu melakukan pengawasan dalam pengelolaan objek wisata untuk menghindari adanya praktik korupsi yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Jadi pariwisata memang merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang memilik peran penting dalam meningkatkan perekonomian daerah. Pariwisata sangat terikat dengan kehidupan manusia, sehingga pariwisata memiliki dampak positif maupun negatif disegala aspek kehidupan masyarakat seperti pada aspek ekonomi, sosial, lingkungan dan lain-lain.

Penulis: Syifa Fawzia Anjani