Berita Acara Pemilihan Umum Mahasiswa FDKI IAIN SAS Babel 2023

by -

PETALING- Pada hari Kamis, 19 Januari 2023 telah terlaksananya Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, yang sesuai dengan time schedule yang telah disepakati bersama pada rapat pleno 1 Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam pada tanggal 3 Januari 2023 lalu. Kegiatan KPUM Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam adalah salah satu rangkaian yang telah di sepakati bersama di dalam forum pleno 1 oleh seluruh panitia KPUM. Adapun time schedule yang telah di sepakati oleh panitia KPUM antara lain:

  • 04-10 Januari 2023 : Sosialisasi dan Pendaftaran
  • 11 Januari 2023 : Pengumpulan Berkas
  • 12 Januari 2023 : Penetapan Calon Ketua dan Wakil Ketua DEMA dan Anggota SEMA FDKI
  • 13-14 Januari 2023 : Kampanye
  • 16 Januari 2023 : Debat dan Penyampaian Visi dan Misi
  • 17-18 Januari 2023 : Masa Tenang
  • 19 Januari 2023 : Pemilihan Bakal Ketua dan Wakil ketua DEMA dan SEMA FDKI 2023
  • 21 Januari 2023 : Penetapan Calon Terpilih

Seluruh time schedule yang telah disepakati berjalan dengan lancar sesuai dengan time schedule yang ada, rangkaian pertama dalam time schedule yag disepakati oleh panitia KPUM ialah sosialisasi dan pendaftaran pada tanggal 04-10 Januari 2023, pada masa ini panitia KPUM terus berada di lokasi pendaftaran untuk menunggu mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri sebagai ketua dan wakil ketua DEMA FDKI, selama 7 hari masa sosialisasi dan pendaftaran hanya 1 paslon (Pasangan Calon) yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua dan wakil ketua DEMA FDKI,

Baca juga:  Pembekalan Praktek Profesi FDKI Tahun 2021 :Tingkatkan Interpersonal Skill Mahasiswa pada Era Revolusi Industri 4.0 di Masa Pandemi Covid-19

Rangkaian kedua yaitu pengumpulan berkas dan verifikasi pada tanggal 11 Januari 2023. Dikarenakan pada masa itu paslon yang telah mendaftarkan diri sebagai ketua dan wakil ketua DEMA FDKI belum memenuhi persyaratan berkas yang ada sehingga pihak KPUM memberikan waktu tambahan 1 hari untuk melengkapi berkas sebelum nantinya melanjutkan rangkaian selanjutnya.

Rangkaian yang ketiga yaitu penetapan calon ketua dan wakil ketua DEMA FDKI pada tanggal 12 Januari 2023, dikarenakan pada rangkaian pertama hanya terdapat 1 paslon yang mendaftarkan diri, sehingga 1 paslon inilah yang ditetapkan sebagai calon ketua dan wakil ketua DEMA FDKI.

Rangkaian yang keempat yaitu Kampanye pada tanggal 13-14 Januari 2023, pada masa ini paslon tunggal dituntut untuk berkampanye, walaupun tidak memiliki lawan, akan tetapi paslon tetap harus mengikuti mekanisme yang sudah di sepakati oleh KPUM FDKI pada pleno 1, yaitu berkampanye selama 2 hari sesuai dengan tata tertib pemilihan umum mahasiswa.

Baca juga:  Sukses Lancarkan Agenda Pelantikan Serentak Seluruh Elemen Ormawa FDKI

Rangkaian selanjutnya atau yang ke lima yaitu debat dan penyampaian Visi dan Misi, pada tanggal 16 Januari 2023, karena disini hanya ada paslon tunggal, jadi tidak ada debat, namun paslon tetap menyampaikan Visi dan Misi.

Rangkaian yang ke 6 yaitu masa tenang pada tanggal 17-18 Januari 2023, paslon tidak lagi berkampanye atau melakukan kegiatan apapun yang bersifat mempromosikan diri sampai waktu yang ditentukan sesuai dengan ketetapan KPUM FDKI.

Verivikasi identitas pemilih

Pemilihan ketua dan wakil ketua DEMA FDKI

Rangkaian yang selanjutnya yaitu pemilihan bakal ketua dan wakil ketua DEMA FDKI Tahun 2023, Pada tanggal 19 Januari 2023, sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (SK DIRJEN PENDIS), sistem pemilihan yang sudah ditetapkan KPUM, yakni sistem pemilihan dengan cara perwakilan, adapun perwakilan yang dimaksud yaitu setiap HMJ/HMPS yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam mengirimkan 1 (Satu) orang sebagai perwakilan untuk pemilihan umum mahasiswa, adapun syarat yang harus di bawa perwakilan yakni surat rekomendasi dari ketua HMJ/HMPS agar terbukti kebenaran dari identitas si Pemilih.

Baca juga:  DEMA KBM FAKULTAS TARBIYAH ISI RAMADHAN DENGAN KEBERMANFAATAN

Paslon 1, ketua dan wakil ketua DEMA FDKI terpilih

Rangkaian Pemilihan terakhir, yaitu penetapan calon ketua dan wakil ketua DEMA FDKI terpilih. Setelah melewati masa pemilihan yang dilakukan oleh perwakilan dari HMJ/HMPS dari setiap Program Studi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, didapati hasil dari pemilihan umum mahasiswa tersebut bahwa paslon 1 mendapatkan total 4 suara dan menjadi ketua dan wakil ketua DEMA FDKI terpilih. 

Selamat kepada Tabah dan Aldiman (Taman) atas terpilihnya sebagai ketua dan wakil ketua Dema Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Tahun 2023.