UKK KSR-PMI Unit IAIN SAS BABEL Sukses Selenggarakan Kegiatan Pengambilan PDH Angkatan XIII & XIV

by -

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) mengadakan kegiatan pengambilan PDH Angkatan XIII & XIV di Desa Kotawaringin pada Kamis (16/5/2024).

Kegiatan ini dibuka dengan melakukan pelepasan para peserta di Lapangan Futsal IAIN SAS Bangka Belitung.  Demisioner Komandan UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung Periode Tahun 2023 mengatakan, “Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada pengurus sudah melaksanakan kegiatan pengambilan PDH ini, mulai dari persiapan minggu sebelumnya, dan akhirnya bisa terlaksana dengan baik”, tuturnya.

“Harapan saya semoga kegiatan nya berjalan dengan lancar sampai akhir kegiatan, dan untuk adik-adik yang mengikuti pengambilan PDH ini bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan juga kedepannya nanti bisa menjadi penerus dari kakak-kakaknya untuk memajukan KSR, dan juga harapan saya untuk peserta ketika sudah menjadi pengurus bisa membawa KSR menjadi lebih maju lagi, lebih aktif lagi, dan bisa dikenal luas baik dari Ormawa Kampus IAIN maupun diluar kampus yang ada di Bangka Belitung”, tambahnya.

Baca juga:  Beda Dengan Tahun Lalu, HIMAKS Adakan Hakrab Kepengurusan

Setelah pelepasan di Lapangan Futsal Kampus IAIN SAS Bangka Belitung, peserta dan pengurus UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung berangkat ke Desa Kotawaringin.

Bapak Subaryan Selaku Sekdes Desa Kotawaringin juga menyambut baik kegiatan ini “Kami sangat mendukung dan bersedia memfasilitasi kegiatan ini, semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar”, tuturnya.

Sementara Komandan UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung Periode Tahun 2024, Budi Setiawan mengatakan “Terimakasih kepada perangkat Desa Kotawaringin yang telah mendukung kami dan memfasilitasi kami untuk melaksanakan kegiatan pengambilan PDH dalam bentuk bakti sosial di Desa Kotawaringin”, tuturnya.

Adapun tujuan mengadakan Bakti Sosial ini adalah untuk pengambilan PDH Angkatan XIII & XIV UKK KSR Unit IAIN SAS Bangka Belitung dengan konsep bakti sosial.

Baca juga:  Aksi Bela Palestina Bebaskan Al-Quds Kepulauan Bangka 2021 dan Pernyataan Sikap Atas Kondisi Kemanusiaan Yang di Alami Palestina oleh Israel

Kegiatan ini merupakan tahapan akhir dari pendidikan di dalam UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung, kegiatan Bakti Sosial ini dilakukan sebagai bentuk pendidikan untuk mendapatkan PDH bagi peserta yang mengikutinya. Kegiatan Pengambilan PDH ini dilakukan oleh Anggota UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung yang sudah mengikuti tahapan pendidikan awal yaitu Diksar Ruangan, Diksar Lapangan dan Dikjut (Pendidikan Lanjutan) yang kemudian dilanjuti dengan kegiatan Pengambilan PDH. Kegiatan pengambilan PDH Angkatan XIII & XIV ini dilakukan selama Tiga hari di Desa Kotawaringin mulai dari tanggal 17-19 Mei 2024.

Adapun rangkaian kegiatan ini dimulai dengan melakukan kunjungan dan ramah tamah ke Kantor Desa Kotawaringin sekaligus membuka kegiatan-kegiatan selanjutnya, cek kesehatan di dusun sungai dua, membantu anak-anak mengaji dan mengerjakan tugas, melakukan sosialisai ke UPTD SD Negeri 9 Puding Besar, nonton bersama warga Desa Kotawaringin, melakukan pembagian bibit dan gotong royong kolaborasi dengan IRMAS Desa Kotawaringin.

Baca juga:  HIMA BKI Adakan Konseling Lanjutan

Kegiatan ini melibatkan peserta yang merupakan anggota UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung, Pengurus UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung, Perangkat Desa Kotawaringin, Puskesmas Puding Besar dan IRMAS Desa Kotawaringin.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah semangat anggota untuk lebih aktif lagi kedepannya bersama UKK KSR PMI Unit IAIN SAS Bangka Belitung, dan diharapkan juga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang terlibat.

Penulis : Siti Aicah