Teknologi AI Dapat Menurunkan Kualitas Daya Nalar Mahasiswa?

by -

Di era sekarang yaitu era milenial, mungkin kita khususnya sebagai mahasiswa tak asing lagi yang namanya dengan teknologi. Salah satu kecanggihan dari teknologi ini adalah gawai atau android, dengan adanya teknologi yang berkembang secara pesat sekarang ini, kita sebagai mahasiswa harus melek terhadap perkembangan teknologi tersebut, jangan sampai kita menjadi gaptek terhadap teknologi, khususnya tentang teknologi AI yang sekarang sedang marak digunakan oleh kaum milenial.

‌AI atau artificial intelligence ialah salah satu produk dari kemajuan teknologi, dengan hadir nya AI ini menjadi angin segar bagi mahasiswa, sebab teknologi ini dapat mempermudah mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan yang ada, yang awalnya tugas-tugas tersebut dikerjakan dengan waktu yang lama, namun dengan AI hanya bisa dikerjakan dalam hitungan menit atau bahkan detik saja.

Baca juga:  Hari Konstitusi Republik Indonesia: Deteriorasi Reformasi

Namun dengan kehadiran AI ini membuat mahasiswa bergantungan secara berlebihan terhadap teknologi ini. Sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap kecerdasan kognitif dari mahasiswa tersebut, terutama dalam kualitas nalar mahasiswa tersebut, karena untuk memperoleh jawaban dari suatu pertanyaan akan dijawab secara cepat oleh AI dan hal ini membuat mahasiswa lebih memilih menggunakan AI daripada membaca buku. Dan tentunya hal ini akan menjadi suatu kebiasaan yang akan merusak kemampuan daya nalar mahasiswa itu sendiri.

Selain dampak negatif, AI juga memberikan dampak positif terhadap mahasiswa, selagi penggunaan AI digunakan secara etis dan bertanggung jawab.

‌Penggunaan AI secara etis dan bertanggung jawab juga akan menambah khazanah keilmuan bagi mahasiswa, sebab dengan adanya kemudahan akses yang di tawarkan AI dapat membuat mahasiswa lebih banyak mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat, dan tentunya dengan Penggunaan AI yang etis dan bertanggung jawab akan membuat mahasiswa menjadi kreatif, karena banyak sekali jenis-jenis AI yang diciptakan, baik itu untuk pencarian informasi, pembuatan film, pengeditan video dan foto dan masih banyak sekali fitur-fitur AI yang ditawarkan.

Baca juga:  Apa Jadinya Organisasi Dengan Prinsip “Dak Kawa Nyusah”

Tujuan dari penciptaan AI sendiri ialah untuk memudahkan pekerjaan manusia, yang awalnya bisa dikerjakan berhari-hari namun dengan AI dapat dikerjakan dan diselesaikan hanya dengan hitungan menit atau bahkan deyti, dan perlu di ingat bahwasanya setiap sesuatu yang tercipta pasti ada dampak negatif dan positif. ‌Jadi, bagaimana manakah tanggapan kalian terhadap AI? Apakah benar dengan hadirnya teknologi AI dapat menurunkan daya nalar mahasiswa? Atau bahkan sebaliknya bisa menumbuhkan daya nalar yang berkualitas serta kreatif bagi mahasiswa?

‌Penulis: Abdul Ghozali Alfani