Sukses Rangkul Remaja, PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel Adakan Kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya

by -

UKM Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Mutiara IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya pada tanggal 20-22 Oktober 2023 yang bertempat di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Bangka Belitung dengan mengusung tema “Membangun Karakter Remaja yang Berani dan Siap Beraksi serta Berkolaborasi Melalui Pelatihan Pendidik Sebaya”.

Kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya ini merupakan gebrakan baru bagi PIK-R Mutiara IAIN SAS Bangka Belitung. Adapun materi yang dibahas dalam kegiatan pelatihan pendidik sebaya ini yaitu Modul Berani (10-14 tahun), Modul Beraksi (15-19 tahun), Modul Berkolaborasi (20-24 tahun) dan yang terbaru Upgrading Life Skill. Dimana fasilitator dari materi tersebut yaitu Pengurus Genre Provinsi Bangka Belitung.

Baca juga:  PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel Raih Juara Pertama PIK-R Unggulan

Sandri selaku ketua umum PIK-R Mutiara menyampaikan Pelatihan Pendidik Sebaya ini tentunya memiliki tujuan dan manfaat yang luar biasa bagi anggota PIK-R, yakni sebagai syarat awal untuk bisa mengikuti konselor sebaya, melatih anggota agar dapat membimbing teman sebaya lainya dalam rangka menghadapi permasalahan yang dihadapi, dan terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi anggota PIK-R agar mampu menjadi pendidik sebaya yang berwawasan GenRe (Generasi Berencana).

Ahmad Syahid Al Qodri selaku ketua pelaksana kegiatan juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini selain untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan calon pendidik sebaya mengenai kesehatan reproduksi, Napza dan HIV-AIDS, juga memberikan modal bagi calon pendidik sebaya tersebut tentang bagaimana melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat khususnya usia remaja (10 – 24 tahun). Selain itu juga memberikan wadah dan sarana bagi remaja untuk kegiatan positif pengisi waktu luang.

Baca juga:  Terobasan Baru, HIMA PIAUD Gelar PIAUD ON FIRE

Primalita selaku Pembina dari PIK-R Mutiara sangat mengapresiasi dan turut bangga atas kegiatan yang sudah dilakukan oleh UKM binaannya. “Ini merupakan kegiatan yang cukup besar yang mana baru pertama kali dilakukan dan langsung diadakan secara terbuka untuk umum se-Babel. Semoga kegiatan-kegiatan positif seperti ini terus dilakukan dan PIK-R Mutiara dan tetap terus memberikan kebermanfaatan kepada kampus terkhususnya dan masyarakat pada umumnya.” Tutup Primalita.