Safari Ramadhan Perdana oleh Santriwati Annaajihaat di Kulur Ilir

by -

Kulur Ilir, 24/04/2022, Safari Ramadhan dilaksanakan oleh Ma’had Tahfidzul Qur’an Annaajihaat di desa Kulur Ilir, Koba, Bangka Tengah yang dilakukan di Masjid At-Taqwa pada Minggu, 24 Maret2022.

Safari Ramadhan dapat diartikan sebuah kegiatan yang terakomodir secara kelompok untuk kegiatan ekspedisi guna menggapai keutamaan-keutamaan bulan suci Ramadhan.

Safari Ramadhan juga sebagai ajang silaturrahmi antara sesama muslim dibulan ramadhan.

Kegiatan ini mengusung tema “Merajut Cinta di Ramadhan Mulia” yang diikuti anak-anak dan Ibu-ibu desa Kulur Ilir dan sekitarnya.

Ustadzah Samiyah Selaku Ketua yayasan Khadijah center Madani sekaligus pembina Ma’had Tahfidzul Qur’an Annaajihaat menjadi pemateri yang bertujuan memberikan tausyiah pada ibu-ibu disekitar desa tersebut tentang Mulia nya bulan Ramadhan.

Baca juga:  Tiga Hari Pelaksaan Latihan Gabungan, UKK KSR PMI IAIN SAS BABEL Cetak Relawan Tangguh

Selain itu, para Santriwati Annaajihaat juga memberikan sejumlah donasi parsel lebaran dan beberapa hadiah kepada para peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini.

Parsel lebaran barupa aneka minuman dan makanan khas lebaran. Parsel – parsel tersebut berasal dari para donatur yang berasal dari masyarakat dan beberapa lembaga di daerah Pangkalpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk tausyiah untuk para ibu-ibu dan halaqah, quiz sampai game untuk para anak-anak.

Kegiatan Ini merupakan salah satu program dari Annaajihaat yang bertujuan sebagai syiar dan melatih kepekaan para santriwati terhadap masyarakat sekitarnya.

“Cara melatih kepekaan para santriwati untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat yang ada, salah satu yang dipilih adalah masyarakat yang berada di Kulur Ilir ini karna ini adalah tempat salah satu santri bisa memberikan manfaat, dengan tausyiah keagamaan” Kata Ustadzah Samiyah.

Baca juga:  Gelar Diskusi Tentang Laut Bangka Belitung (Babel), Mahasiswa IAIN Desak penertiban Tambang Ilegal

Terlebih dari itu, kegiatan ini untuk memperkenalkan Ma’had Tahfidzul Qur’an Annaajihaat serta menjadi wadah silaturahmi dan sebagai dakwah pada Masyarakat.

Selain itu, diadakan buka puasa bersama oleh para santriwati bersama masyarakat sekitar di Teras Masjid At-Taqwa.

Ustadzah Samiyah juga menyampaikan harapannya setelah diadakan Safari Ramadhan ini.

“Harapannya masyarakat disana agar lebih dekat dengan masjid dan silaturahmi mereka juga bisa terjalin lebih kuat , dan santri semakin sadar bahwa tugasnya tidak hanya menghafal Alquran tapi bisa dilatih bisa memberikan kemanfaatan orang” disekitarnya. Terutama dari daerah mereka sendiri. Semoga Annaajihaat semakin berkembang dan banyak menebarkan kebaikan.” Tutup Ustadzah Samiyah.

Penulis : Meliyana

Tentang Penulis: Redaksi Persassiddik.com

Avatar
Persassiddik.com adalah situs resmi Unit Kegiatan Kampus (UKM) pers di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.