Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Baru Yang Masih Jarang Diketahui

by -

Program studi Hukum Ekonomi Syariah merupakan prodi baru di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yang resmi dibuka tanggal 8 Desember 2021 sesuai keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 1324 tahun 2021 dan merupakan satu- satunya prodi Hukum Ekonomi Syariah pertama yang ada di Bangka Belitung.

Latar belakang terbentuknya prodi ini adalah untuk menjawab keperluan sumber daya manusia di bidang ekonomi syariah dengan fokus pembelajarannya yaitu tentang ekonomi syariah dari aspek hukum. Dimana angkatan pertama di terima hanya melalui jalur mandiri sebanyak 7 mahasiswa.

Program studi ini memiliki prospek kerja yang sangat luas seperti jaksa, hakim, pengacara, konsultan hukum, pengawas lembaga keuangan syariah, peneliti dalam bidang hukum ekonomi syariah dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Sabtu Bersastra, Peserta Hasilkan Kumpulan Puisi Rindu

Reno Ismanto, Lc., MIRKH, selaku ketua prodi Hukum Ekonomi Syariah berharap agar masyarakat Bangka lebih banyak mengetahui prodi Hukum Ekonomi Syariah, sehingga kebutuhan akan SDM di bidang ini akan terpenuhi dengan hadirnya prodi baru ini.

“Dan dari kami sendiri akan terus berusaha untuk meningkatkan mutu kualitas program studi baik dari aspek SDM maupun sistem suasana pembelajaran”. Tutur Reno Ismanto.

Penulis: Siti Muasaroh