Pertama di Bangka Belitung, PIK-R MUTIARA IAIN SAS Babel Gelar Kegiatan Pelatihan Konselor Sebaya Se-Bangka Belitung

by -

UKM Pusat Informasi Konseling Remaja Mutiara IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan Pelatihan Konselor Sebaya se-Bangka Belitung pada tanggal 18-19 November 2023 lalu, bertempat di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Bangka Belitung.

Pelatihan Konselor Sebaya, juga dikenal sebagai Peer Counseling Training, yang merupakan program yang melibatkan pelatihan individu untuk menjadi konselor sebaya. Konselor sebaya adalah individu yang memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam suatu masalah atau situasi tertentu dan memberikan dukungan emosional, informasi, dan saran kepada rekan-rekan mereka yang menghadapi masalah serupa.

Pelatihan Konselor Sebaya bertujuan untuk memberikan keterampilan yang diperlukan kepada individu untuk dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang efektif kepada rekan-rekan mereka. Program pelatihan ini mencakup berbagai aspek, seperti keterampilan mendengarkan aktif, empati, komunikasi efektif, dan pengetahuan tentang sumber daya yang tersedia.

Baca juga:  Rektor IAIN SAS Babel Lepas Keberangkatan Mahasiswa Pencinta Alam Ke Lampung

Sanjai Saputra selaku ketua pelaksana dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 80 peserta yang diikuti oleh siswa/i dan juga mahasiswa/i se Bangka Belitung yang berasal dari daerah berbeda.

Sandri Selaku Ketua Umum PIK-R MUTIARA juga menyampaikan bahwa Pelatihan Konselor Sebaya ini merupakan yang Perdana dilakukan oleh PIK-R MUTIARA setelah sebelumnya sudah mengadakan kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya yang mana ini sangat dibutuhkan bagi para remaja. Materi yang disampaikan oleh narasumber dalam Pelatihan ini disampaikan oleh orang yang ahli dibidangnya, yaitu dari BKKBN Provinsi Bangka Belitung, Dosen Prodi BKI, BKPI, Psikologi IAIN SAS Bangka Belitung, dan juga anggota DPR RI.

Baca juga:  Dema IAIN SAS Babel Gelar Pertandingan Persahabatan Futsal Dengan BEM Fakultas Ekonomi UBB

Melalui pelatihan ini, peserta akan mengembangkan keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan mendengarkan aktif, dan empati yang mendalam. Peserta juga akan diperkenalkan dengan pengetahuan tentang masalah kesehatan mental dan sumber daya yang tersedia untuk membantu individu dalam mencapai kesejahteraan.

“Bagi saya kegiatan konselor sebaya ini sangat amat bermanfaat bagi para remaja kususnya pelajar dan juga mahasiswa dengan adanya pelatihan ini kita bisa mengasah kemampuan dalam konseling, sehingga dapat membantu teman sebaya kita yg mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan.” Ucap Pangeran selaku peserta Pelatihan Konselor Sebaya asal SMAN 1 Simpang Rimba, Bangka Selatan.