Peran Pemuda Dalam Era Socity 5.0

by -

Teknologi tak bisa terlepas di kehidupan manusia, perkembanangan teknologi dari dulu hingga sekarang sangat mengalami kemuajuan yang pesat. Dari zaman tradisional hingga ke era digital sekarang. Apalagi saat dikala kita dalam keadaan yang tidak bisa melakukan apa-apa dengan leluasa dikarenakan adanya virus Covid19, dan Pandemi
belum terselesaikan sampai sekarang. Dengan adanya pandemi kita dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah pekerjaan kita selama pandemi yang notabene kita dianjurkan pemerintah untuk tetap dirumah.

Peran pemuda. Tentunya hal ini tidak terlepas dengan pengaruh perkembangan teknologi saat ini , dan dengan berfikir kritis untuk menghadapi semua masalah dimasa depan, menyeleaikan dengan berfikir kristis. Benyak pemuda bangka yang belum bisa beradaptasi dengan perubahan era tersebut, dengan kata lain kita sebagai generasi milenial harus bisa beradaptasi dengan perubahan era tersebut agar terciptanya generasi muda yang unggul. Dimana era tersebut bernama era Socity 5.0 dimana di era sekarang semua serba kecanggihan teknologi dan semua kegiatan manusia semakin di
permudahkan dengan adanya itu. Perubahan ini banyak berpengaruh di berbagai hal, seperti politik, pendidikan, ekonomi dan juga sosial budaya.

Baca juga:  Resmi Terplih, Lukman Mardiansyah Sebagai Ketua SEMA KBM IAIN SAS BABEL Periode 2022/2023

Peran pemuda di dalam aspek politik, dengan adanya kemajuan teknologi kita sebagai generasi muda dituntut memanfaatkan teknologi tersebut, dalam hal politik misalnya, generasi muda bisa melihat, menelaah, mengkaji apa-apa saja yang diperlukan oleh bangsa ini, dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Para calon pemimpin pun bisa melakukan dukungan melalui teknologi. Pemanfaatan teknologi juga bisa memudahkan kegiatan politik menggunakan sarana teknologi yang ada.
Dalam aspek ekonomi, generasi muda bisa memanfaatkan teknologi menjadi sarana peningkatan hasil uang kas negara, contohnya kita bisa mempromosikan barang-barang buatan indonesia dengan perantara teknologi. Tentunya akan menjadikan produk dalam negeri dikenal dunia.

Pastinya akan berimbas ke dalam aspek ekonomi bangsa indonesia. Teknologi bisa mebuat ekonomi melaju pesat. Aspek pendidikan, sangat penting untuk masa depan para generasi muda dengan adanya teknologi kita bisa lebih banyak ilmu, dan tentunya pendidikan di indonesia pun ikut maju dengan memanfaatkan teknologi, misalnya pada saat pandemi sekarang.

Baca juga:  Pandemi Dan Melemahnya Ekonomi

Teknologi sangat memudahkan para mahasiswa dalam kuliah dirumah tanpa harus keluar rumah dan membatu mengurangi penyebaran Covid19. Dengan teknologi juga kita bisa mengikuti kegiatan-kegiatan webinar internasional maupun nasional tentunya dengan berbayar atau gratis, pastinya dengan hal itu akan menambah wawasan serta ilmu yang menikuti kegiatan tersebut.

Sosial budaya dapat dimajukan dengan menggunakan teknologi dengan mempromosikan budaya dengan menggunakan teknologi hingga ke mancanegara pemanfaatan teknologi juga dengan mengenalkan kegiatan sosial di Indonesia.

Memanfaatkan teknologi dengan mengenalkan sosial masyarakat, adat istiadat dan kebiasan masyarakat-masyarakat dengen berbagai suku yang ada di Indonesia pastinya akan membuat tertarik orang-orang mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia dengan itu sosial budaya indonesia akan dikenal oleh orang banyak, tentunya dengan
pemanfaatan teknologi yang ada.

Baca juga:  Apa Jadinya Organisasi Dengan Prinsip “Dak Kawa Nyusah”

Dengan hal ini peran generasi muda memanfaatkan teknologi, dapat mengembangkan bangsa Indonesia ke negera yang menggunakan teknologi secara maksimal dan dapat bersaing dengan negara lain. Sebagai generasi muda juga harus bisa menggunakan teknologi jangan sampai gaptek, peran pemuda sangat penting dalam memajukan Indonesia. Karena teknologi sangatlah berpengaruh terhadap kemajuan di era sekarang yang semakin memanfaatkan teknologi. Menurut saya pemuda harus aktif dalam pengembangan bangsa dengan memanfaatkan teknologi.

Penulis:Deni Kurnia Sandi