Ikut Turun ke Sawah, Mahasiswa KKN-MB Desa Pergam Turut Bantu Petani Menanam Padi

by -

Salah satu bentuk pengabdian Mahasiswa KKN-MB Kelompok 8 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung yakni ikut turun membantu para petani Desa Pergam menanam sawah pada Minggu pertama dan kedua KKN.

Kegiatan menanam padi ini tepatnya di area Persawahan Desa Pergam, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan yang sekaligus menjadi tempat KKN-MB Kelompok 8 berlangsung selama 40 hari kedepan.

 

“Rata-rata sebagian besar warga Desa Pergam ini berprofesi sebagai petani. Jadi, tak luput dari perhatian Mahasiswa KKN-MB kelompok 8 ini untuk program kerja turun membantu para petani menanam padi dan melihat proses menanam padi itu sendiri, selain itu sebagai rasa terima kasih kami atas sambutan hangat di Desa Pergam.” Ujar Imam selaku Ketua KKN-MB Kelompok 08.

Baca juga:  Jangan Biarkan Plagiarisme Menyandera Gagasan

 

Berlangsungnya KKN-MB kelompok 08 ini yang bertepatan dengan musim penanaman padi membuat antusias mahasiswa dalam mengamati proses penanaman padi dari awal mengolah tanah hingga proses penanaman padi itu sendiri.

 

“Ini menjadi pengalaman yang tak bisa saya dapatkan di tempat tinggal saya mulai dari belajar membajak sawah hingga menanam padi”, tutur Ferrennika

 

Kegiatan ini juga diawasi langsung oleh kepala desa dan beberapa petani lainnya, yang membantu mengajari mahasiswa dalam proses penanam padi.

 

Sementara itu, mahasiswa KKN-MB Kelompok 08 Desa Pergam selain mendapatkan ilmu dalam proses penanaman padi, mereka juga mendapatkan ikan air tawar dari warga desa pergam yang berada di sawah pada saat itu.

Baca juga:  PERNYATAAN SIKAP KELUARGA BESAR MAHASISWA IAIN SASBABEL “STATE OF EMERGENCY”

 

Imam menimpalkan semoga dari kegiatan ini mahasiswa KKN-MB kelompok 8 mendapatkan pengalaman baru dan semoga para petani turut terbantu dengan adanya agenda turun kesawah ini

 

“Semoga teman-teman mendapatkan pengalaman baru yaitu mengolah sawah dan menanam padi dan juga semoga para petani terbantu dengan adanya agenda turun kesawah ini.” Tutupnya.