Mahasiswa KKN Kelompok 11 IAIN SAS BABEL Sukseskan Posyandu Lansia Bersama Pemerintah Desa dan Puskesmas

by -

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS BABEL) Kelompok 11 Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur berkolaborasi menyukseskan posyandu lansia bersama Pihak Desa dan Puskesmas Desa Renggiang pada Selasa, (2/7/2024).

Posyandu Lansia merupakan Program Kerja dari bagian Pemerintahan desa Renggiang. Posyandu Lansia ini dilaksanakan secara rutin guna mengecek kesehatan masyarakat yang sudah lanjut usia. Posyandu tersebut terdapat beberapa tahapan pengecekan yaitu mengecek berat badan, gula darah, tensi (tekanan darah), kolesterol, dan asam urat. Jumlah peserta Posyandu Lansia pada pagi menjelang siang, berjumlah sekitar 30an orang baik nenek maupun kakek.

Baca juga:  Berkunjung ke Wisata Embung Yamin Trans Rias, Rasakan Keasrian dan Kesejukan Pedesaan Sesungguhnya

Peserta Posyandu Lansia Nenek Sahimi. “Pelayanan dari pengecekan posyandu ini cukup baik, tapi untuk obat-obatan kurang karena hanya diberikan resep saja”,  tuturnya.

Mahasiswa KKN Kelompok 11 Desa Renggiang Nurshafa Ainun Zamzami berharap untuk kedepannya program posyandu ini bisa berjalan dengan rutin, namun terkait jarak tempuh dari rumah warga ke tempat posyandu tersebut terhitung jauh. Hal ini dikarenakan faktor usia dan faktor kesehatan lainnya yang menjadi permasalahannya. Harapannya semoga pihak desa dan puskesmas sekitar bisa memberikan fasilitas transportasi bagi peserta Posyandu Lansia.