Berproseslah dan Capai Cita-cita di Waktu Muda Bersama Jurusan Jurnalistik Islam IAIN SAS BABEL

by -

Jurnalistik adalah lebih banyak dikenal oleh orang awam (orang biasa) hanya sebatas seorang wartawan dan penulis berita, padahal menjadi seorang jurnalis itu adalah sebuah aset bangsa yang menceritakan dan menjaga nama baik bangsa sesuai dengan undang-undang pers jurnalistik, apalagi berlandaskan dengan Islam, kebanyakan orang bangka belitung memilih anaknya untuk jadi seorang guru, tetapi apapun profesinya itu ketika kita bertemu dengan orang baru itu adalah ilmu  dan guru baru bagi kita semua.

Jangan pernah kita meremehkan profesi seseorang karena kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi kedepannya, tugas semua orang adalah berusaha sebaik mungkin tanpa memandang profesi orang itu buruk, hidup ini adalah kesempatan untuk semua orang berproses maka maksimalkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:  HARI IBU: KITA BISA APA?

Penasaran apa saja keseruan belajar seorang jurnalistik Islam di IAIN SAS BABEL:

  1. Belajar buat berita
  2. Belajar buat artikel
  3. Belajar buat jurnal
  4. Belajar menjadi food Vlogger
  5. Belajar fotografi
  6. Belajar videografi
  7. Belajar teknik presenter dan reportase
  8. Belajar Jurnalistik Investigasi,

dan masih banyak lagi mata kuliah lainnya, penasaran dan seru bukan, bergabung dijurusan Jurnalistik Islam IAIN SAS BABEL.

Dan yang paling seru di jurusan jurnalistik Islam di IAIN SAS BABEL tidak hanya belajar  teori  saja , tetapi langsung kunjungan ke kantor-kantor media yang ada di Bangka Beltung seperti contoh Mahasiswa Jurnalistik Islam sudah pernah kunjungan ke beberapa tempat:

  1. Bangka Pos
  2. BN Radio
  3. Antara news
  4. Radio
  5. iNews Babel

Jurnalistik merupakan praktik atau profesi dalam mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menyebarkan informasi atau berita kepada masyarakat melalui media massa seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, dan media online. Jurnalistik juga dapat mencakup penelitian, wawancara, investigasi, dan penulisan artikel untuk menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan relevan kepada publik.

Baca juga:  Mahasiswa Gelisah Dengan Kebijakan Kuliah Online Selama Pandemi Covid-19

Tujuan utama dari jurnalistik adalah memberikan informasi yang tepat waktu, objektif, dan dapat dipercaya kepada masyarakat. Jurnalis berperan sebagai mediator atau penghubung antara masyarakat dan pihak-pihak yang terkait dengan isu atau peristiwa yang sedang dibahas.

Jurnalistik memiliki jangkauan pekerjaan yang luas seperti:

  1. Editor; Mengedit dan mengatur artikel yang ditulis oleh reporter.
  2. Presenter Berita; Membawakan berita dalam siaran televisi atau radio.
  3. Produser Berita; Bertanggung jawab untuk merencanakan dan memproduksi program berita, termasuk menentukan topik, menjadwalkan wawancara, dan mengatur liputan.
  4. Foto jurnalis; Mengambil gambar untuk melengkapi artikel berita atau untuk liputan visual lainnya.
  5. Jurnalis Investigasi; Meneliti dan menulis laporan tentang masalah yang tidak biasa atau kontroversial, seringkali melibatkan pekerjaan tersembunyi atau risiko keselamatan.
  6. Jurnalis Olahraga; Menulis tentang berita dan acara olahraga, dan melakukan wawancara dengan para atlet dan pelatih.
  7. Jurnalis Kreatif; Menulis esai, feature, atau artikel berdasarkan pengalaman pribadi atau sudut pandang unik.
Baca juga:  Catatan Kritis Satu Tahun Masa Kepemimpinan, Sudahkah Mahasiswa Berdaulat

Bagaimana kabar sobat literasi semua? Masih bertanya-tanya apa itu jurnalistik? Masih bingung lulusan jurnalistik bisa kerja dimana? Tunggu apalagi yuk bergabung bersama jurusan Jurnalistik Islam IAIN SAS BABEL.

Penulis : Nurizah, Mahasiswa Jurnalistik Islam