Berdayakan UMKM Melalui Kebahasaan, Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Adakan Pelatihan

by -

Duta Bahasa gelar pelatihan penulisan konten dan naskah iklan, pada hari minggu 6 Agustus 2023 bertempat di Hotel Sunjaya Sungailiat. Pelatihan tersebut menjadi salah satu program yang dirancang oleh Duta Bahasa sebagai salah satu tugas untuk meningkatkan peran bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pelatihan ini terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama para peserta diberikan materi secara teoretis mengenai penulisan konten dan naskah iklan oleh Nandi dan Riska sebagai Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung terpilih tahun 2023. Kemudian, pada sesi kedua, kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan label kemasan dengan menerapkan materi yang telah disampaikan melalui aplikasi Canva sebagai medianya.

Sebanyak 20 orang perwakilan dari berbagai UMKM di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka menjadi peserta dalam pelatihan ini. Muhammad Irsan, S.S., M.Hum., selaku Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung mengatakan bahwa kegiatan semacam ini penting untuk dilakukan agar masyarakat dapat memahami dan lebih mengenal bahasa Indonesia maupun bahasa daerah dibandingkan dengan mengutamakan bahasa asing dalam promosi dan penjualan produk usaha.

Baca juga:  Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Hilang Kontak Di Pulau Laki

“Penggunaan bahasa yang terdapat pada label produk ternyata mampu meningkatkan promosi apabila dikemas dengan baik dan menarik. Jangan selalu menggunakan bahasa asing, cobalah untuk menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah sebagai identitas kita karena bahasa Indonesia pun mampu dan sudah dikenal di kalangan internasional,” ujar Muhammad Irsan saat memberikan sambutan di pelatihan tersebut.

Para peserta memiliki antusiasme yang tinggi terhadap pelatihan ini. Meskipun peserta pelatihan ini berasal dari berbagai usia, mulai remaja sampai dengan dewasa, tetapi semuanya sangat aktif dalam bertanya dan mendengarkan penjelasan oleh Ikatan Duta Bahasa yang mendampingi pada sesi praktik.

Salah satu peserta mengungkapkan bahwa pelatihan semacam ini sangat membantu mereka untuk bisa lebih memahami tentang penulisan konten dan naskah iklan bagi kepentingan produk dan penjualan. Mereka juga berharap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan dan menjangkau aspek yang lebih luas.

Baca juga:  Kemendikbud RI Luncurkan Program Kampus Mengajar Angaktan Pertama Tahun 2021

Nandi dan Riska selaku pemateri pada kegiatan ini mengaku sangat senang berbagi ilmu yang mereka miliki tentang kebahasaan. Selain sebagai bentuk penerapan krida dan realisasi dari niaga bahasa, mereka juga berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak bagi UMKM terkait, baik dari sektor promosi maupun peningkatan penjualan.