Perdana Dilaksanakan, Dema FT IAIN SAS Babel Adakan Haul Syaikh Abdurrahman Siddik yang ke-86

by -

Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan kegiatan Haul Syaikh Abdurrahman Siddik yang ke-86 di Gedung Serba Guna IAIN SAS Bangka Belitung pada Senin (13/03/2023).

Syaikh Abdurrahman Siddik lahir pada tahun 1276 H/1859 M, beliau merupakan tokoh ulama terkenal yang berasal dari Banjarmasin. Syaikh Abdurrahman Siddik memiliki nasab yang sampai kepada dua orang tokoh besar penyebar agama Islam di Indonesia, yaitu Pangeran Diponegoro dan Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Nama Syaikh Abdurrahman Siddik diabadikan disebuah perguruan tinggi yang ada di Bangka Belitung, yaitu Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Untuk mengingat hal tersebut, Dema FT bersama ormawa FT lainnya berkolaborasi untuk mengadakan haul Syaik Abdurrahman Siddik yang baru pertama kalinya dilaksanakan oleh Dema FT.

Baca juga:  Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Yudisium III tahun 2020

Dengan mengusung tema “Memetik Keteladanan dari Sang Mutiara Syaikh Abdurrahman Siddik Al-Banjari”, kegiatan ini diharapkan dapat mengingatkan kembali mengenai sejarah hidup Syaik Abdurrahman Siddik sekaligus mengirimkan amalan-amalan baik kepada beliau.

“Seperti yang kita tahu, nama kampus kita adalah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, jadi ini merupakan momentum untuk mengingat sejarah hidup beliau,” ucap Okta, selaku ketua Dema FT.

Rangkaian acara dalam kegiatan Haul ini dimulai dengan pembacaan kitab Maulid Simtuddurar, qasidah, maulid addibai, istighosah, ceramah dari Drs. Ahmad Lutfi, lalu ditutup dengan nganggung dan makan bersama.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan dari Dema FT sekaligus memperingati haul Syaikh Abdurrahman Siddik.” Tutup Okta.

Baca juga:  Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ormawa IAIN SAS BABEL : Begini Harapan Ketua Dema 2021