PENUH KECERIAAN, HIMA PRODI PAI IAIN SAS BABEL ADAKAN HAKRAB BERSAMA MAHASISWA BARU PRODI PAI TAHUN 2021

by -

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel) mengadakan acara Hakrab (hari keakraban) dengan tema

“Menumbuhkan Semangat Mahasiswa Pendidikan Agama Islam yang Berjiwa KITA (Kreatif, Inovatif, Totalitas, Aktif)” acara ini diadakan di Pantai Temberan, Air Anyir, Merawang, Kabupaten Bangka pada hari Minggu, 07 Oktober 2021 dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru prodi PAI tahun 2021.

Acara hakrab ini dilaksanakan bertujuan agar dapat mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa PAI serta menumbuhkan rasa kekeluargaan agar dapat membangun prodi PAI yang Kreatf, Inovatif, Totalitas, dan Aktif.

Acara diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi, dan diakhiri dengan outbond bagi peserta. Dalam acara ini panitia turut menghadirkan Presiden Mahasiswa IAIN SAS Babel, Yudi Dwiansyah Seftiawan selaku pemateri pertama dan Pendiri Lembaga Macca Institut (Sekolah Alam Sinjai), Abdul Rauf Arham.

Baca juga:  Mahasiswa KKN IAIN SAS Kelompok 20 dan Kelompok 37 Adakan Gebyar Maulid Nabi Muhammad SAW

“Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bersama-sama menyukseskan acara pada hari ini. Masih banyak sekali kekurangan yang kami rasa dalam acara kali ini, namun hal ini tidak menyurutkan semangat kami dan justru akan menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya.” Tutur Busro selaku ketua pelaksana dalam sambutannya.

Dalam sambutannya Ketua Umum HIMA PRODI PAI IAIN SAS Babel, Ahmad Nando menyatakan bahwa mahasiswa sejati adalah mahasiswa yang berani untuk keluar dari zona nyamannya. “Sesungguhnya mahasiswa yang merugi itu adalah mahasiswa yang hanya pulang pergi kampus kos, menjadi mahasiswa adalah kesempatan yang tidak didapatkan oleh semua orang. Jadi jangan pernah takut untuk salah dan disalahkan.” Tutup Ahmad Nando.

Baca juga:  Hujan Tidak Menjadi Halangan Bagi Formasi KIP-K Dan Dema FDKI Untuk Adakan Galang Dana Bagi Korban Erupsi Gunung Semeru

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh Presiden Mahasiswa IAIN SAS Babel, Yudi Dwiansyah Seftiawan yang membahas tentang manajemen organisasi dan kemahasiswaan. “Mahasiswa itu punya tiga peran, yaitu agent of change, agent of social control, dan direck of change. Tujuan mahasiswa bukanlah hanya mengejar kelulusan, tapi organisasi, relasi, dan pengalaman. Manajemen adalah planning atau perencanaan persiapan. Sebagai seorang calon pendidik dan mahasiswa maka hal pertama yang harus menjadi perhatian bagi kita semua adalah mulai menghargai orang lain.” Pungkasnya.

Pemateri kedua juga tidak kalah menarik, Abdul Rauf Arham adalah seorang pendiri Macca Institut (Sekolah Alam Sinjai) yang meaparkan materi tentang ilmu pengetahuan menuju implementasi nilai sosial. “Mahasiswa itu harus berpikir maju, karena akan ada banyak tantangan saat menjadi mahasiswa seperti perubahan cara belajar, perubahan lingkungan, hingga perubahan nilai, prinsip dan gaya hidup. Namun perlu diingat, bahwa apapun perbuatan yang kita lakukan sendiri walaupun sedikit seperti titik , itu lebih baik daripada seluas samudera akan tetapi hasil orang lain.”

Baca juga:  Dema Fakultas Tarbiyah Terpilih Menjadi Tuan Rumah RAKERDA IMAKIPSI SUMBAGSEL

Setelah mendengarkan pemaparan materi peserta kemudian bersiap untuk melakukan rangkaian acara berikutnya yaitu outbond, terdiri dari lima pos dengan beragam tantangan didalamnya membuat suasana hakrab semakin meriah. Acara kemudian ditutup dengan tukar kado dan foto bersama.

Penulis: Septaviona

Tentang Penulis: Redaksi Persassiddik.com

Avatar
Persassiddik.com adalah situs resmi Unit Kegiatan Kampus (UKM) pers di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.