Pandemi Melanda, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Tetap Adakan Pelatihan Bahasa Asing Intensif Daring

by -

Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan program pelatihan Bahasa Arab-inggris intensif daring dengan “Asik Belajar Bahasa Asing di Masa Pandemi” yang diselenggarakan pada tanggal 15-25 Februari 2021 yang diikuti oleh puluhan Mahasantri Ma’had.

Selasa (16/02/2021)
Program pelatihan Bahasa Arab-inggris ini kedua kalinya dilaksanakan oleh Ma’had Al-Jami’ah, namun di tahun ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pandemi covid-19.

Pelatihan Bahasa ini dilakukan secara daring dengan menggunakan platform Meet dan Whatsapp.

“Pelatihan bahasa asing ini dengan bimbingan tenaga pengajar profesional dari program studi Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.” Ujar Ustadz M. Edy Waluyo, M. S. I selaku Mudir Ma’had Al-jami’ah IAN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung saat di wawancari.

Baca juga:  Kunjungan GenBI Komisariat IAIN di Sambut Baik Oleh Wakil Rektor III

Beliau juga menyatakan bahwa program Pelatihan Bahasa Arab-Inggris Intensif Daring ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat berbahasa asing bagi Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah.

Sementara itu, Ustadzah Ismawati, M. Pd selaku Pengajar di Ma’had Al-Jami’ah mengatakan bahwa sejauh ini strategi belajar daring dari rumah akan terasa efektif tergantung pada Mahasantri yang memiliki minat belajar yang tinggi.

“Selama masa pandemi ini strategi belajar harus dipetakan oleh para Dosen atau Pembina Bahasa yang proaktif dan kreatif dalam menggunakan teknologi sebagai media belajar sehingga belajar mengajar online akan sama efektifnya dengan belajar tatap muka.
Kemudian Mahasantri memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari bahasa asing dan meningkatkan kreativitas di rumah”. Tukas beliau mengakhiri wawancara via WhatsApp.

Baca juga:  Aliansi Mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Gelar Audiensi Dengan Rektor, Berikut Hasil Kesepakatannya

Di lain kesempatan, Nur Fadila, Lurah Ma’had Al-Jamiah saat di wawancarai mengungkapkan harapannya agar mahasantri Ma’had bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“ Meskipun pelatihan bahasa tahun ini daring, harapannya tidak mengalahkan semangat teman-teman mahasantri untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa asingnya. Ini salah satu program unggulan Ma’had disamping program tahfidz Qur’an.” Tutupnya.***

Penulis : Nurfaizi