Pemerintah Desa Bentaian Jaya Sambut Mahasiswa KKN Kelompok 5 IAIN SAS BABEL 2024

by -

Desa Bentaian Jaya menerima kedatangan 27 mahasiswa dari Kelompok 5 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun 2024 dengan baik pada Rabu (26/6/2024).

Acara Penyambutan berlangsung di Aula Gedung Serbaguna BPD Bentaian Jaya, di mana Kepala Desa, Sahani, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkenalan dengan jajaran Perangkat Desa. Sahani menggaris bawahi pentingnya kontribusi mahasiswa dalam pengembangan desa selama pelaksanaan KKN bukan sekadar menjalankan tugas akademis.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 5, H. Musa., M.Kom.I, juga mengucapkan terima kasih kepada Perangkat Desa atas sambutan hangat mereka. Beliau berharap agar kegiatan KKN ini mendapat dukungan dan bimbingan yang positif dari Pemerintah Desa, Masyarakat Desa, serta pihak-pihak terkait.

Setelah kegiatan pelepasan yang diadakan oleh DPL kepada Perangkat Desa di Aula GSG BPD Bentaian Jaya, mahasiswa dari Kelompok 5 KKN IAIN SAS BABEL juga menghadiri seremoni pelepasan yang diselenggarakan oleh pihak kampus kepada Kabupaten Belitung Timur di Aula Kantor BAPPELITBANGDA. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari setiap kelompok KKN di Belitung Timur, seluruh Kepala Desa di Belitung Timur, beberapa Camat, Ketua Panitia Pelaksana KKN IAIN SAS BABEL, Ketua LP2M IAIN SAS BABEL, Kabag AUK IAIN SAS BABEL, Wakil Rektor III IAIN SAS BABEL, Rektor IAIN SAS BABEL, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Belitung, Kepala Kementerian Agama Belitung Timur, dan Bupati Belitung Timur.

Baca juga:  Di Masa Pandemi, Korean Wave Semakin Menjadi-Jadi

Dalam pidato Rektor IAIN SAS BABEL, Dr. Irawan., M.SI, disampaikan bahwa KKN adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar aktif di tengah masyarakat, memberikan kontribusi sebaik mungkin, dan menunjukkan identitas khas IAIN SAS BABEL dalam kegiatan pembelajaran yang berorientasi sosial dan agama. Dr. Irawan menegaskan pentingnya menjaga etika dan adab dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat, mengutip pepatah “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, juga menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan KKN dan berharap bahwa kehadiran KKN di Belitung Timur akan membantu kemajuan masyarakat desa. Burhanudin menekankan pentingnya fokus dan dedikasi mahasiswa dalam belajar dan berkarya selama pelaksanaan KKN.

Baca juga:  Apa sih Pentingnya Gabung Organisasi Kampus?

Setelah upacara pelepasan oleh pihak kampus IAIN SAS BABEL kepada pemerintah Kabupaten Belitung Timur, mahasiswa kembali aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di Desa Bentaian Jaya. Khususnya, anggota Kelompok 5 melakukan sejumlah kegiatan bersama Pemerintah Desa Bentaian Jaya dari jam 08:00 hingga 16:00 WIB, seperti evaluasi kegiatan BUMDES Maju Makmur oleh Tim Kecamatan Manggar, distribusi Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga, dan pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil di desa tersebut.

Kegiatan KKN IAIN SAS BABEL Kelompok 5 tahun 2024 berlangsung selama 40 hari, dimulai dari tanggal 26 Juni hingga 4 Agustus 2024. Anggota kelompok berasal dari 3 fakultas, yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, serta mewakili 11 program studi berbeda dari total 16 program studi yang ada, seperti Jurnalistik Islam, Bimbingan Konseling Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Psikologi Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, dan Hukum Keluarga Islam.

Baca juga:  Takbir dalam Duka

Semua pihak berharap bahwa program KKN IAIN SAS BABEL tahun 2024 di Desa Bentaian Jaya dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan desa, sekaligus menjalankan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.