Kopassas Babel Gelar Kegiatan Bakti Sosial dan Edukasi di Dusun Tanjung Berikat 

by -

Komunitas Pencinta Alam-Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (Kopassas) Bangka Belitung kembali menggelar Kegiatan Bakti Sosial dan Edukasi Kopassas (Basek) yang dilaksanakan pada tanggal 14-20 September 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Tanjung Berikat, Desa Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah.

Kegiatan kali ini mengusung tema “Tebarkan Kepedulian Sosial Melalui Pendidikan, Religius, di dalam Lingkungan Masyarakat”. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Kopassas yang di setiap tahunnya diselenggarakan di tempat yang berbeda-beda.

Pembukaan dan pelepasan peserta dilaksanakan di Kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Acara dibuka langsung oleh Pembina Kopassas, yaitu Wahyudi, S.Pd.I., M.A. Selanjutnya, dilakukan juga serah terima peserta secara langsung di Dusun Tanjung Berikat oleh Ketua RT 09.

Baca juga:  IAIN SAS BABEL Dan Bangka Pos Adakan Kerja Sama Dengan Melakukan Penandatanganan MoU dan PKS Kanal Online

Agenda yang dilaksanakan dalam kegiatan kali ini mencakup ranah pendidikan dan sosial. Ranah sosial yang dilakukan di antaranya adalah kegiatan sosialisasi dari Walhi (Wahana Lingkungan Hidup) tentang seputaran isu lingkungan dan sosialisasi pengolahan hasil laut dari Dinas Perikanan Kab. Bangka Tengah. Selain itu digelar pula bazar sosial, santunan lansia dan anak yatim piatu, kerja bakti dan penanaman bibit pohon sebagai simbol pelestarian lingkungan.

Adapun kegiatan bersifat pendidikan di antaranya pembekalan peserta didik di SD Negeri 13 Lubuk Besar oleh BKKBN mengenai kenakalan remaja dan bullying. Pada agenda yang sama juga digelar kegiatan lomba melibatkan anak-anak SD. Kegiatan lomba tersebut yaitu, Lomba Azan dan Lomba Tartil Quran. Tidak hanya itu, diselenggarakan juga lomba-lomba nuansa 17 Agustus dengan peserta anak-anak dan dewasa.

Baca juga:  SAHH!! Ormawa KBM IAIN SAS Bangka Belitung Masa Bakti 2024 Resmi Dilantik

“Ucapan Terima kasih kepada seluruh masyarakat Dusun Tanjung Berikat atas partisipasi dan dukungannya pada kegiatan kali ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menumbuhkan jiwa sosial kami terhadap masyarakat dan berharap agar pemerintah lebih peduli lagi dengan Dusun Tanjung Berikat baik dari segi Lingkungan, pendidikan maupun pembangunan demi menjaga kesejahteraan masyarakatnya” ujar Eko Andrian selaku ketua pelaksana.

Andro, Ketua BPD, mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Pencinta Alam KOPASSAS karena telah memilih Dusun kami untuk berkegiatan. “Kami selaku masyarakat disini berterima kasih karna telah meramaikan dusun kami dan harapannya semoga silahturahmi ini selalu terjalin dan untuk adik- adik mahasiswa selalu semangat dalam berkegiatan dimanapun itu,” ujarnya.

Baca juga:  Mahasiswa Prodi PAI IAIN SAS BABEL, Ikuti Praktek Lapangan Dengan Menjadikan Sampah Sebagai Bahan Pembelajaran

Olala Yuliani selaku PJ Ketua Umum KOPASSAS tak lupa mengucapkan Terima Kasih dan Permohonan maaf apabila selama kegiatan ada yang kurang berkenan di hati masyarakat. Ia berharap kegiatan yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Dusun Tanjung Berikat dan khususnya bagi anggota agar selalu menumbuhkan kepedulian terhadap sesama serta selalu berperan aktif dalam kehidupan sosial.