FDKI Adakan Pengabdian Masyarakat Kepada Lansia

by -

 

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN SAS Babel mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibimbing oleh Dr. Fatma Sylvana Dewi Harahap, SST, MA. Kes. Selaku dosen pengampu mata kuliah BK Dewasa dan Lansia beserta mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Islam yang beranggotakan lima orang yakni Ardila, Restia, Novi, Poni, dan Rahmat. Pengabdian kepada masyarakat ini mengangkat tema “Metode Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Pola Pikir Positif Sebagai Upaya Mengurangi Stres Pada Lansia” di desa Labu Kecamatan Puding Besar, Kab. Bangka pada tanggal 24 Desember 2021.

Pengabdian kepada masyarakat ini memiliki beberapa program antaranya, cek kesehatan lansia dan dilanjutkan dengan senam lansia. tidak hanya itu, pengabdian ini juga memberikan materi mengenai upaya mengurangi stres pada usia lanjut dan diakhiri dengan melakukan layanan konseling kelompok.

Baca juga:  Mahasiswa Prodi PAI IAIN SAS BABEL, Ikuti Praktek Lapangan Dengan Menjadikan Sampah Sebagai Bahan Pembelajaran

“Kegiatan ini kami lakukan demi menerapkan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Selain itu juga untuk memenuhi ujian akhir semester mata kuliah BK Dewasa dan Lansia, dengan berbekal ilmu konseling yang kami pelajari di prodi BKI semoga dapat bermanfaat bagi kami dan orang tua kami di desa Labu.” ujar Ardila selaku ketua tim.

Rahmat selaku pemateri dalam pengabdian masyarakat menuturkan bahwa kami memberikan yang terbaik untuk para lansia dan saling bercerita mengenai berbagai keluhan lansia di kehidupan sosial sehari-hari masyarakat desa Labu sesuai dengan apa yang telah kami pelajari dalan mata kuliah BK dewasa dan lansia.

“Besar harapan kami kepada masyarakat lansia desa Labu untuk dapat mengaplikasikan apa yang telah kami berikan, sebab banyak memberikan upaya dan pelajaran mulai dari sosial, kesehatan, dan religius dalam kehidupan sehari-hari” Tambah Rahmat.

Baca juga:  Yuk Cek "Pulpen Saya": Kreasi Generasi Muda Masa Pandemi Bujang Dayang Bangka Barat

Antusiasme lansia juga memberi dorongan semangat kepada tim pengabdian ini sebab lansia dapat menerima dan mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir sesuai dengan harapan tim pengabdian kepada masyarakat kali ini.

Tentang Penulis: Redaksi Persassiddik.com

Avatar
Persassiddik.com adalah situs resmi Unit Kegiatan Kampus (UKM) pers di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.