Mengenal Lebih Dekat Istilah Jurnalistik

by -

Bagaimana kabar sobat literasi semua? masih bertanya-tanya apa itu jurnalistik? masih bingung lulusan jurnalistik bisa kerja dimana? tulisan ini akan menjelaskan kepada sobat literasi mengenai apa itu jurnalistik dan pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh lulusan jurnalistik.

Jurnalistik merupakan praktik atau profesi dalam mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menyebarkan informasi atau berita kepada masyarakat melalui media massa seperti surat kabar, majalah, radio, televisi, dan media online. Jurnalistik juga dapat mencakup penelitian, wawancara, investigasi, dan penulisan artikel untuk menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan relevan kepada publik.

Tujuan utama dari jurnalistik adalah memberikan informasi yang tepat waktu, objektif, dan dapat dipercaya kepada masyarakat. Jurnalis berperan sebagai mediator atau penghubung antara masyarakat dan pihak-pihak yang terkait dengan isu atau peristiwa yang sedang dibahas. Cara kerja seorang jurnalis secara umum adalah sebagai berikut.

  1. Selain itu, tujuan jurnalistik juga mencakup pengungkapan kebenaran, mempromosikan transparansi dan akuntabilitas, memberikan ruang bagi suara-suara yang kurang didengar dalam masyarakat, serta memerangi ketidakadilan dan ketimpangan sosial. Jurnalis juga bertanggung jawab untuk melaporkan secara etis dan menghormati privasi dan martabat individu dalam melaksanakan tugas mereka.
  2. Penelitian dan Pengumpulan Informasi: Jurnalis mengumpulkan informasi melalui sumber yang beragam seperti wawancara, sumber online, publikasi, catatan, dan pengamatan langsung. Mereka harus memastikan bahwa informasi yang mereka peroleh akurat, berimbang, dan berita-berita tersebut memiliki nilai berita.
  3. Verifikasi Informasi: Setelah mengumpulkan informasi, jurnalis harus memverifikasi kebenaran informasi tersebut. Hal ini dilakukan dengan cara mengecek informasi melalui sumber yang dapat dipercaya dan menerapkan standar etika jurnalistik.
  4. Menentukan Sudut Pandang: Setelah informasi diverifikasi, jurnalis menentukan sudut pandang yang tepat untuk berita yang akan disampaikan, dengan mempertimbangkan faktor seperti objektivitas, kepentingan publik, dan berita-berita terkini.
  5. Menyusun Naskah: Setelah sudut pandang dipilih, jurnalis menulis berita dengan gaya yang jelas, singkat, dan mudah dipahami oleh pembaca atau pemirsa. Selain itu, jurnalis juga harus memperhatikan tata bahasa yang baik dan benar serta menghindari bias atau tendensi pada berita.
  6. Editing dan Proofreading: Sebelum disebarkan, naskah berita harus disunting dan diedit untuk memastikan bahwa informasi benar, gaya penulisan tepat, dan tata bahasa yang baik dan benar.
  7. Penyebaran dan Publikasi: Setelah diedit dan disunting, berita-berita tersebut disebarkan melalui media yang tepat seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, atau internet. Berita-berita tersebut juga bisa disebarkan melalui media sosial.
  8. Evaluasi: Jurnalis harus mengevaluasi kinerja mereka dengan melihat keberhasilan berita dalam menarik perhatian pembaca atau pemirsa dan kepercayaan publik yang terjaga.
Baca juga:  HUT RI KE-76: Arti Kemerdekaan Masa Pandemi Covid-19

Jurnalistik memiliki jangkauan pekerjaan yang luas seperti:

  1. Editor; Mengedit dan mengatur artikel yang ditulis oleh reporter.
  2. Presenter Berita; Membawakan berita dalam siaran televisi atau radio.
  3. Produser Berita; Bertanggung jawab untuk merencanakan dan memproduksi program berita, termasuk menentukan topik, menjadwalkan wawancara, dan mengatur liputan.
  4. Foto jurnalis; Mengambil gambar untuk melengkapi artikel berita atau untuk liputan visual lainnya.
  5. Jurnalis Investigasi; Meneliti dan menulis laporan tentang masalah yang tidak biasa atau kontroversial, seringkali melibatkan pekerjaan tersembunyi atau risiko keselamatan.
  6. Jurnalis Olahraga; Menulis tentang berita dan acara olahraga, dan melakukan wawancara dengan para atlet dan pelatih.
  7. Jurnalis Kreatif; Menulis esai, feature, atau artikel berdasarkan pengalaman pribadi atau sudut pandang unik.
Baca juga:  Aksi Bersih Bukit Merbaung Oleh Komunitas Pencinta Alam-Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (Kopassas) Bangka Belitung

Dalam dunia jurnalistik ada prinsip-prinsip yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis seperti kejujuran, integritas, kemandirian, ketelitian, dan keberimbangan. Prinsip-prinsip tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan akurat, berimbang, dan tidak dipengaruhi oleh kepentingan politik, bisnis, atau kelompok tertentu. Jurnalis juga harus mematuhi kode etik jurnalistik yang berlaku di negaranya dan menghormati hak privasi dan kebebasan pers bagi masyarakat.

Penulis: Nurizah