Aliansi Mahasiswa Se- BABEL Evaluasi Kinerja 2 Tahun Kabinet Indonesia Maju

by -

Aliansi mahasiswa se- Bangka Belitung melakukan seruan aksi menuju evaluasi kabinet Indonesia maju periode pemerintahan Jokowi – Maruf Amin pada jum’at (22/10/2021) di gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Seruan aksi dimulai pada pukul 15.00 WIB. Aksi ini dilakukan oleh aliansi mahasiswa Se- Bangka Belitung. Dalam berlangsung nya aksi terjadi secara kondusif dan kooperatif, tidak ada tindakan yang bersifat merugi baik dari sisi mahasiswa dan aparat.

Terlepas dari hal tersebut sungguh sangat disayangkan Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak hadir ditengah aksi yang sedang berlangsung. Jadi diwakilkan oleh salah satu Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ini sungguh mengecewakan karena surat untuk melakukan aksi ini sudah dilayangkan beberapa hari yang lalu.

Baca juga:  FDKI Adakan Pengabdian Masyarakat Kepada Lansia

Terdapat 10 tuntutan nasional  yang diantarkan dalam aksi yang mana juga telah di sinkronisasikan dengan permasalahan yang ada di Bangka Belitung yakni sebagai berikut :
1. Jaminan kebebasan akademik, biaya pendidikan yang berkeadilan, pendidikan aman dari kekerasan seksual, serta tegakkan Marwah akademik
2. Percepat pemulihan ekonomi dengan prioritas komitmen kesejahteraan rakyat
3. Cabut revisi UU KPK, UU minerba, UU Cipta kerja dan segala aturan Turunannya
4. Revisi pasal pasal bermasalah UU ITE yang mengancam kebebasan berpendapat dan berekspresi
5. Tuntaskan pelanggaran berat HAM, berkomitmen, melindungi, dan menghormati Hak Asasi Manusia
6. Hentikan segala bentuk pembungkaman demokrasi dan jaminan kebebasan sipil
7. Penuhi hak-hak tenaga kesehatan dan tuntaskan penanganan pandemi serta permasalahan kesehatan lainnya
8. Hentikan segala bentuk proyek strategis nasional yang bermasalah
9. Deklarasi darurat iklim dan wujudkan reforma agraria sejati
10. Evaluasi total kabinet Indonesia maju

Baca juga:  Persatuan Mahasiswa Junjung Besaoh Laksanakan Pelantikan Kepengurusan Baru Periode 2021/2022

Salah satu dari aliansi menyatakan bahwa10 tuntunan nasional ini yang melatarbelakangi aksi tersebut telah disuarakan dan mendapat kesepakatan oleh salah satu Wakil Ketua DPRD Provinsi BABEL. Dan untuk tindakan selanjutnya aliansi mahasiswa akan mengiringi keberlanjutan dari pemerintah atas aspirasi yang disuarakan hingga dapat direalisasikan.

“Kami terus mengiring perkembangan atas kesepakatan yang telah kami sepakati dengan salah satu Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar aspirasi yang kami suarakan ini dapat terealisasikan”, timpal Koordinator Aksi.

Reporter: Ghiffari

Tentang Penulis: Redaksi Persassiddik.com

Avatar
Persassiddik.com adalah situs resmi Unit Kegiatan Kampus (UKM) pers di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.