PIK-R Mutiara Peduli Remaja, Adakan Kegiatan Sosialisasi Dan Buka Puasa Bersama Remaja Cengkong Abang

by -

Senin, bertepatan pada tanggal 3 April 2023 pukul 16.00 WIB, berlokasikan di Kantor Desa Cengkong Abang, UKM PIK-R Mutiara IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung kembali mengadakan kegiatan sosialisasi sekaligus buka puasa bersama remaja di Cengkong Abang.

Kegiatan sosialisasi ini bertemakan ‘Pernikahan Dini dan juga Sex Education’. Yang mana untuk tema pernikahan Dini disampaikan oleh saudari Mutiara Andini Selaku Runner-up 1 Duta Genre Kabupaten Bangka Tahun 2022 sekaligus Staff Divisi Ilmu & Konseling PIK-R MUTIARA. Sedangkan untuk tema Sex Education disampaikan oleh saudara Maulana Hidayat selaku Runner-up 2 Duta Genre Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022 sekaligus Ketua Divisi Ilmu & Konseling PIK-R MUTIARA.

Baca juga:  Aliansi Mahasiswa Bangka Belitung Adakan Rapat Kerja Daerah BEM Wilayah Bangka Belitung Tahun 2021 : DEMA IAIN SAS Babel Jadi Tuan Rumah

Tujuan diadakan sosialisasi tentang pernikahan dini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Mendo Barat khususnya di Desa Cengkong Abang tentang Pencegahan pernikahan dini yang berkaitan dengan hukum Islam dan UU perkawinan di Indonesia serta memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai faktor, akibat, manfaat, dan mudhorat dari pernikahan dini tersebut.

Sedangkan untuk tujuan dari Sosialisasi tentang sex education adalah pengarahan atau memberikan informasi mengenai persoalan seksualitas manusia yang jelas, tepat, dan benar. Pengarahan tentang sex education sangat penting bagi remaja, karena dengan adanya sosialisasi dan pengarahan bagi remaja sangat membantu mengarahkan dan mengedukasi para remaja agar lebih bijak lagi dalam pengetahuan mereka terhadap sex education. Yang dimana mungkin sudah mereka terima atau sudah diajarkan di sekolah. Pelaksanaan sosialisasi atau pengarahan tentang sex education dapat juga membantu teman-teman remaja yang mungkin belum mendapatkan pengetahuan tentang sex education.

Baca juga:  Rektor IAIN Janjikan Bantuan untuk Mahasiswa jika data sudah cukup

Sasaran daripada kegiatan ini yaitu Karang Taruna Cengkong Abang, Irmas Cengkong Abang, Penyuluh Remaja Cengkong Abang dan juga anggota PIK-R MUTIARA.

Berbagai rangkaian acara dalam kegiatan ini mulai dari perkenalan satu sama lain, penyampaian materi tentang pernikahan dini dan sex education, sesi tanya jawab dan juga dilanjut dengan buka puasa bersama.

Kegiatan ini berlangsung seru dan menarik, karena selain mendapatkan ilmu yang baru disini juga bisa saling mengenal satu sama lain antara anggota PIK-R Mutiara dengan remaja di Cengkong Abang yang tergabung dalam kegiatan tersebut.

Sandri selaku Ketua Umum PIK-R Mutiara IAIN SAS Bangka Belitung menyampaikan semoga dengan kegiatan ini bisa mempererat tali silaturahmi antar anggota PIK-R Mutiara dengan Remaja di Cengkong Abang, Karena ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PIK-R Mutiara terhadap lingkungan remaja.

Baca juga:  Muhammad Dava Warsyahdhana, Perwakilan Indonesia di Ajang Penghargaan Negeri Ginseng

“Sosialisasi dan edukasi penting dilakukan guna meningkatkan kualitas generasi muda di daerah itu agar bisa bersama-sama mencegah pernikahan dini dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan.” Tutup Sandri