Hutan Mangrove Desa Tukak: Menjelajahi Wisata di Bangka Belitung

by -

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang mulai dibentuk pada tanggal 21 November 2000 sesuai dengan Undang–Undang Nomor 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Provinsi ini memiliki begitu banyak pulau yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Bangka dan Belitung, sedangkan pulau-pulau kecil lainnya berjumlah sekitar 470 buah dan yang berpenghuni hanya sekitar 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatra, dekat dengan Provinsi Sumatra Selatan. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang. Bangka Belitung terkenal banyak wisata yang sangat indah dan kuliner yang enak.

Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah dan juga berbagai tempat wisata yang sangat indah dan kulinernya yang enak. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Bangka Belitung adalah Hutan Mangrove Desa Tukak yang merupakan sebuah kawasan pelestarian tanaman bakau sekaligus kawasan wisata alam di Desa Tukak. Dengan menyusiri jalur tracking sepanjang 600 meter pengunjung akan diajak untuk merasakan kesejukan hutan mangrove. Di sekitar area wisata juga sudah dilengkapai dengan sarana prasarana dan fasilitas yang lengkap sehingga pengunjung akan lebih nyaman untuk berlama-lama.

Baca juga:  Berijtihad dalam Ushul Fiqh: Konsep Dasar

Selain hutan Mangrovenya, di sana terdapat jembatan sepanjang 13,5 meter yang dinamai Jembatan Cinta yang akan menyambut Anda sebelum memasuki area wisata ini. Jembatan ini adalah salah satu tempat favorit pengunjung untuk berfoto ketika berwisata ke hutan mangrove ini. Anda bisa menyusuri jembatan kayu yang membentang hingga ke pinggiran pantai untuk lebih mengeksplor kawasan wisata ini sekaligus untuk lebih merasakan kerimbunan dan kesejukan yang dimilikinya. Selain itu ada juga terdapat gazebo dan meja kursi kayu yang bisa digunakan jika Anda ingin lebih berlama-lama di hutan ini.

Penuli: Rini Atika Sari