Apa sih Pentingnya Gabung Organisasi Kampus?

by -

Mahasiswa ialah salah satu komponen penting yang ada pada perguruan tinggi. Menjadi seorang mahasiswa tentunya kita sudah masuk kedalam dunia intelektual bukan? Sudah tentunya kita sebagai mahasiswa harus, bahkan diwajibkan untuk memiliki atau memperoleh pengetahuan yang luas.

Oleh karena itu pengetahuan yang didapat oleh mahasiswa dari pembelajaran dikelas melalui diskusi bersama teman ataupun dosen saja tidak cukup, apalagi dosen-dosen yang mengajar dikampus kadang tak maksimal dalam hal memberi pengetahuan kepada mahasiswa. Sehingga mahasiswa perlu mencari pengetahuan lainnya secara aktif, salah satunya yaitu dengan mengikuti organisasi-organisasi yang ada di kampus.

Organisasi ialah salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri serta pengetahuannya, karena dengan berorganisasi seorang mahasiswa akan mendapatkan banyak hal yang tentunya akan bermanfaat baginya setelah ia sudah berada di dunia kerjanya. Seorang mahasiswa yang hanya belajar dikelas lalu pulang dengan mahasiswa yang bergabung dalam organisasi kampus tentu akan berbeda. Karena di organisasi tersebut mahasiswa akan memaksimalkan kemampuannya baik dari segi intelektual maupun skill-nya.

Baca juga:  76 Tahun Kemerdekaan: Kualitas Pendidikan Mengalami Penurunan

Adapun manfaat dari mengikuti organisasi yang ada dikampus adalah sebagai berikut:

1. Menambah relasi

Tentunya mahasiswa yang ikut organisasi cendrung akan lebih memiliki ruang lingkup relasi yang lebih luas, karena seperti yang kita ketahui organisasi itu ibaratkan seperti masuk ke dalam sebuah jaringan, yang mana saling terhubung dengan banyak kalangan, baik kalangan dari dalam maupun luar kampus. Dan juga seperti yang kita ketahui di dalam organisasi biasanya kita akan sering melakukan kerja sama dengan organisasi-organisasi yang ada di kampus lainnya sehingga relasi kita tidak hanya ada di dalam internal kampus saja tapi juga bisa dari eksternal kampus.

2.Ajang latihan dunia kerja

Baca juga:  Penyadap Karet Pasir Putih Keluhkan Harga Karet Anjlok Di Tengah Wabah Covid-19

Seperti yang kita ketahui bahwasanya organisasi itu ialah bentuk representasi dari dunia kerja, karena di organisasi kita dituntut untuk melaksanakan tugas serta tanggungjawab kita layaknya di dunia kerja, sehingga ini akan melatih kita nanti saat sudah benar-benar masuk ke dunia kerja, sehingga dapat mengurangi rasa khawatir karena sebelumnya memiliki pengalaman sebelum nya di organisasi bagaimana cara melakukan sesuatu dan apa yang harus kita kerjakan.

3. Dapat melatih memanajemen waktu

Tentunya bagi mahasiswa yang mengikuti organisasi, tentunya akan lebih cerdas dalam hal memanajemen waktu, karena saat berorganisasi, mahasiswa akan dituntut untuk mengatur waktu nya antara perkuliahan dan organisasi sehingga itu akan melatih mahasiswa yang mengikuti organisasi menjadi lebih cerdas dalam hal memanajemen waktu.

Baca juga:  Resmi Terplih, Lukman Mardiansyah Sebagai Ketua SEMA KBM IAIN SAS BABEL Periode 2022/2023

4. Menambah pengetahuan serta pengalaman

Pada hakikatnya yang paling utama dari mengikuti organisasi yaitu mendapatkan pengetahuan serta pengalaman yang baik tentunya. Karena seperti yang kita ketahui di dalam suatu organisasi kita akan melakukan banyak sekali kegiatan yang bermanfaat, sehingga kita bisa mendapatkan pengetahuan serta pengalaman dari aktivitas atau kegiatan yang kita jalankan di dalam organisasi, dan kita juga bisa berdiskusi bersama para anggota yang ada di organisasi tersebut, baik anggota yang senior, junior ataupun sejawat kita.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang dapat kita petik dalam mengikuti suatu organisasi, maka dari itu kita sebagai mahasiswa ikutilah organisasi yang ada di kampus kita karena dengan mengikuti kegiatan organisasi dapat menambah pengetahuan serta pengalaman kita.

Penulis: Abdul Ghozali Alfani