COVID-19 DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

by -
By Sri Sundari

By : Sri Sundari

Penyebaran covid-19 lebih banyak dibicarakan oleh masyarakat sekarang ini dan membuat mesyarakat semakin meresah. ditambah lagi banyak media sosial yang memberitakan bahwa Bangka Belitung telah masuk zona merah atau bisa dikatankan bahwa warga Bangka Belitung ada yang positif terkena covid-19. hal ini membuat masyarakat takut untuk berpergian dan menutup/memperketat akses keluar masuk desa terutama bagi mereka seorang pendatang. OKEYBOZZ COM, sabtu, (4/4/2020). tersebarnya covid-19 berdampak pada kehidupan masyarakat teruma bagi perekonomian. terlebihnya pemerintah Indonesia menganjurkan untuk tetap berada dirumah hal ini dilaksanakan dalam upaya keselamatan dan sebagai upaya terhindarnya dari penyeberan covid-19.

Sekarang ini covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat baik itu positif maupun negatif. salah satu dampak negatif dari covid 19 cukup banyak membebankan masyarakat dimulai dari perekonomian yang sangat berpengaruh sekali terhadap pendapatan masyarakat yang kini sedang menurun. sehingga manuntut masyarakat menekan tingkat konsumsinya. dan ekspor dan impor menjadi terhambat banyak perusahaan-perusahaan yang menutupi akses pekerjaannya. sehingga terjadi PHK. masyaraka yang terkena PHK harus mengurangi tingkat konsumsi agar mampu bertahan hidup. kemudian hadirnya covid-19 membuat pendapatan penghasil juga cukup memperhatikan, Bangka Belitung merupan salah satu penghasil timah terbesar kini cukup memperhatinkan yang membuat harga timah jauh lebih turun dari sebelumnya. Bukan hanya timah tapi harga sawit, karet yang merupakan salah satu mata pencarian yang ada di Bangka Belitung juga menurun disebabkan oleh covid-19.

Baca juga:  Demi Menciptakan Pemimpin Generasi Emas, Formasi KIP-K Adakan Musyawarah Besar ke-V

Dan dengan adanya edaran secara nasional dan regional yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan sosial distancing sangat mempengaruh terhadap perekonomian daerah. sehingga banyak dari pendapatan masyarakat yang menurun akibat pandemik covid-19. dsalah satu cara mengatasi pereknomian yang menurun pemerintah menjamin perekonomian masyarakat yang sangat merasakan dampak dari pandemik covid-19 dengan memberikan beberapa bantuan seperti. kartu pra kerja dan subsidi gratis bagi 900 watt dan 450 watt. tapi tidak menutupi bahwa perekonomian sekarang menurun. dan banyak masyarakat yang merasakan dampak dari penurunan perekonomian akibat covid-19.

Tentang Penulis: Redaksi Persassiddik.com

Gravatar Image
Persassiddik.com adalah situs resmi Unit Kegiatan Kampus (UKM) pers di Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.